Persiapan Piala Dunia U-17 2023: 4 Stadion Terpilih dan Upaya Erick Thohir untuk Sukseskan Turnamen

Persiapan Piala Dunia U-17 2023: 4 Stadion Terpilih dan Upaya Erick Thohir untuk Sukseskan Turnamen

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: pssi)

Jakarta, Batamnews - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengumumkan bahwa pihaknya sedang mendorong agar Piala Dunia U-17 2023 dapat digelar di empat kota. Sebelumnya, PSSI telah mengusulkan delapan stadion kepada FIFA sebagai potensi venue untuk turnamen tersebut, namun jumlah tersebut direduksi menjadi empat stadion. Hal ini disebabkan oleh pertimbangan anggaran dan waktu yang terbatas dalam persiapan menjelang kejuaraan.

Dalam konferensi pers di Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu, 2 Agustus 2023, Erick menyatakan bahwa saat ini tinggal 100 hari lagi sebelum Piala Dunia U-17, sehingga persiapan venue, logistik, dan hal-hal lainnya harus segera diatasi. Dalam upaya untuk menjalankan persiapan yang efisien, keputusan untuk mengurangi jumlah stadion menjadi empat merupakan pilihan yang sulit tetapi harus diambil.

Baca juga : Stadion JIS Akhirnya Diajukan PSSI ke FIFA untuk Piala Dunia U-17

Usulan terbaru dari PSSI adalah menggunakan empat stadion sebagai venue untuk turnamen ini. Stadion yang diusulkan adalah Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Jakarta International Stadium (Jakarta). Dari enam grup yang ada dalam turnamen, dua grup akan bermain di Jakarta dan dua grup lagi di Bandung, sementara satu grup akan bermain di Surabaya dan satu grup lagi di Solo.

Dengan pembagian ini, akan diperlukan tambahan tempat latihan di Bandung dan Jakarta untuk mendukung persiapan tim. Erick menyatakan bahwa pihaknya akan menggandeng berbagai pihak terkait, termasuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Gubernur DKI Jakarta, serta pejabat daerah lainnya, untuk mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan.

Baca juga :  Welber Halim Jardin, dari Sao Paolo Brazil Siap Perkuat Timnas Indonesia di Piala Dunia U17

FIFA juga telah menekankan pentingnya fasilitas pendukung yang memadai, sehingga Erick berjanji untuk melakukan rapat dengan Menteri PUPR, Gubernur DKI Jakarta, dan tim dari Surabaya, Bandung, dan Solo untuk memastikan segala fasilitas yang diperlukan dapat disiapkan dengan baik.

Sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat itu, Erick Thohir turut berkomitmen untuk mendukung dan mengawal persiapan Piala Dunia U-17 2023 agar berjalan dengan lancar dan sukses.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews