Penataan Embung di Karimun, Cen Sui Lan Prioritaskan Rp 25 Miliar untuk Kolong dan Paya Manggis

Penataan Embung di Karimun, Cen Sui Lan Prioritaskan Rp 25 Miliar untuk Kolong dan Paya Manggis

Anggota DPR RI, Cen Sui Lan saat melakukan reses di Karimun. (Foto: Istimewa)

Karimun, Batamnews - Pembangunan di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), semakin dihidupkan dengan langkah berani Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, Cen Sui Lan.

Dalam kunjungan kerja resesnya di Paya Manggis, Sungai Lakam, Kecamatan Karimun, Rabu (26/7/2023), Cen Sui Lan mengumumkan penganggaran sebesar Rp25 miliar untuk penataan kawasan Kolong dan Paya Manggis.

Rencana penataan kawasan Kolong dan Paya Manggis ini akan terealisasi pada tahun anggaran 2024 mendatang. Cen Sui Lan menjelaskan bahwa dana sebesar itu akan digunakan untuk penanganan berbagai permasalahan yang tengah dihadapi oleh kedua kawasan tersebut, terutama terkait ekspansi tumbuhan eceng gondok yang menghambat pemanfaatan embung di depan RSUD Karimun.

Baca juga: Menjelajahi Pulau-Pulau Indah di Batam: Pesona Ranoh, Mubut, dan Tunjuk

Dalam kunjungan kerjanya, Cen Sui Lan mendapat aspirasi dari tokoh masyarakat terkait masalah penataan embung atau waduk di dekat RSUD Karimun. Keluhan utamanya adalah penyebaran eceng gondok yang tumbuh begitu padat sehingga menghambat penggunaan embung oleh warga sekitar.

"Kami sudah coba bersihkan Bu (Cen Sui Lan). Bersih di sini, tumbuh yang di sana. Bersihkan di sana, tumbuh lagi yang di sini. Ini perlu penataan dan butuh anggaran yang besar," ungkap salah seorang tokoh masyarakat.

Menanggapi aspirasi tersebut, Cen Sui Lan menyatakan komitmennya untuk memasukkan anggaran penataan kawasan Kolong dan Paya Manggis sebesar Rp25 miliar pada tahun anggaran 2024.

Dana tersebut akan diajukan melalui Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan sekitar Rp4 miliar dari anggaran tersebut akan digunakan untuk penanganan eceng gondok di embung Kolong dan Paya Manggis.

Baca juga: Warung Remang-remang di Rohul Riau Dibakar Emak-emak, Polisi dan Satpol PP Lakukan Penertiban

"Revitalisasi atau penataan tersebut, kawasan waduk di Paya Manggis bisa berfungsi sebagai embung sumber air baku untuk penyediaan sumber air bersih. Selain itu, penataan di daerah Kolong dan Paya Manggis ini, juga berfungsi sebagai arena olahraga air nantinya. Sekaligus berfungsi untuk destinasi wisata Karimun," lanjut Cen Sui Lan.

Paska penataan kawasan Kolong dan Paya Manggis, Cen Sui Lan berencana untuk menyerahkan pengelolaannya kepada BUMD Karimun agar dapat dikelola secara profesional. Hal ini bertujuan agar pembangunan tersebut berkelanjutan dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Terkait komitmennya, Cen Sui Lan juga mendapat apresiasi dari Bupati Karimun, Aunur Rafiq, yang menyambut baik dan memberikan terima kasih atas kunjungan kerja reses tersebut. Aunur Rafiq juga menilai bahwa respon cepat dari Cen Sui Lan terhadap aspirasi masyarakat merupakan bukti nyata kepedulian dan kesungguhan Partai Golkar dalam membantu pembangunan di daerah.

Setelah menyelesaikan kunjungan kerja reses di kawasan Kolong dan Paya Manggis, Cen Sui Lan akan melanjutkan kunjungannya ke daerah Sawang, Tanjungbatu, Kundur, Kabupaten Karimun, guna terus menyerap aspirasi dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews