RUPSLB BRK Syariah Sahkan Andi Buchari Bukan Lagi Dirut, Gubri Syamsuar Segera Bentuk Pansel

RUPSLB BRK Syariah Sahkan Andi Buchari Bukan Lagi Dirut, Gubri Syamsuar Segera Bentuk  Pansel

RUPS Luar Biasa Bank Riau Kepri (BRK) Syariah sahkan pengunduran diri Andi Buchari sebagai Dirut, Kamis (27/7/2023) malam (ist)

Batam, Batamnews - Pengunduran diri Andi Buchari dari jabatannya sebagai Direktur Utama BRK Syariah per 1 Juli 2023 telah diterima dan disahkan oleh seluruh pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Tahun 2023, yang berlangsung pada Kamis (27/07/2023) malam di Hotel Radison, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Gubernur Riau, Syamsuar, melalui Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan, menyampaikan bahwa ada tiga agenda yang berhasil dibahas dengan lancar dalam rapat bersama seluruh pemegang saham atau perwakilan.

"Pengunduran diri Bapak Andi Buchari yang disampaikan telah disahkan oleh pemegang saham. Seluruh pemegang saham ingin mengetahui alasan di balik pengunduran diri ini, dan alasannya sangat pribadi," ujar M Job Kurniawan.

Baca juga: 11 Destinasi Wisata yang Sedang Hits di Kota Batam, Menyajikan Pesona Alam dan Keindahan Khas

Mengenai pertanggungjawaban selama masa jabatan Andi Buchari sebagai Dirut BRK Syariah, M Job juga menyatakan bahwa tanggungjawabnya masih berlaku hingga tanggal 1 Juli 2023.

"Semua yang terjadi selama masa jabatannya sampai dengan tanggal 1 Juli 2023 tetap menjadi tanggungjawabnya," tambahnya.

Agenda lain yang disepakati adalah memberikan kewenangan kepada Gubernur Riau sebagai pemegang saham terbesar untuk melakukan seleksi dan membentuk panitia seleksi Direktur Utama Perseroan.

Baca juga: Prata: Menu Sarapan Khas India yang Menggugah Selera di Tanjungpinang, Kepulauan Riau

"Terakhir, mengenai perubahan kalimat dan frasa pada Akta RUPS Tahunan No. 27 tanggal 23 April 2022, juga telah disetujui bersama dan akan dilakukan perubahan segera," tambahnya sebelum meninggalkan tempat acara RUPSLB tahun 2023.

RUPSLB 2023 dengan tiga agenda tersebut dimulai pukul 20.30 WIB dan dipimpin oleh Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan, yang mewakili Gubernur Riau, Syamsuar.

Dalam rapat yang berlangsung tertutup itu, hadir pula Komisaris Utama Syahrial Abdi, Komisaris Independen Roy Prakoso, Rita Anugerah, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Fajar Restu Febriansyah, Direktur Dana dan Jasa M.A Suharto, Direktur Operasional Said Syamsuri, Direktur Pembiayaan Tengkoe Irawan, Ketua Dewan Pengawas BRKS Zulhendri Rais, dan Anggota Dewan Pengawas Saifuddin Yuliar.

Baca juga: Kontroversi Putusan Pengadilan: Wanita yang Memotong Kelamin Pria Dibebaskan dari Tuntutan

Seluruh pemegang saham juga tampak hadir, beberapa diwakilkan oleh pejabat di lingkungan pemerintahan yang dilengkapi dengan surat kuasa dari pemegang saham.

Dari sisi lain, Wali Kota Dumai, Paisal, menyatakan bahwa RUPSLB 2023 dengan agenda yang dibahas berjalan lancar dan telah disepakati bersama.

"Kami sepakat dan meminta agar tim pansel pemilihan Dirut BRKS segera dibentuk. BRK Syariah perlu dipimpin oleh Dirut yang mampu meningkatkan kinerja Bank," ujar Paisal.

Baca juga: 9 Tempat Pilihan untuk Nikmati Sarapan Pagi yang Lezat di Padang

Plt Bupati Kepulauan Meranti, Asmar, menambahkan, apapun yang disepakati dalam RUPSLB diharapkan memberikan hasil yang terbaik.

"Soal polemik pengunduran diri Dirut Andi Buchari, alasannya sudah dijelaskan secara pribadi. Selama menjabat, Andi Buchari telah berperan besar dalam transformasi BRK Syariah menjadi bank umum syariah. Terima kasih atas kepemimpinannya yang baik selama ini," ungkap Asmar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews