Pertamina Luncurkan BBM Campuran Tebu Pertamax Green RON 95 dengan Harga Rp 13.500 per Liter

Pertamina Luncurkan BBM Campuran Tebu Pertamax Green RON 95 dengan Harga Rp 13.500 per Liter

Pertamina meluncurkan produk bbm terbaru dengan campuran tebu (ilustrasi)

Jakarta, Batamnews -  Bahan bakar minyak (BBM) rasa air tebu? Bukan! Yang ini maksudnya BBM untuk kenderaan dibuat dengan campuran tetes tebu. BBM jenis ini adalah produk terbaru Pertamina.

Peluncuran produk terbaru PT Pertamina (Persero) resmi diluncurkan, Senin (24/7/2023) kemarin dengan nama produk Pertamax Green RON 95. Harga dibandrol Rp 13.500 per liter. 

Produk ini merupakan upaya Pertamina untuk mengurangi impor minyak  dan mendukung langkah hijau dalam sektor energi.

Baca juga: Semua Kloter Haji Debarkasi Batam Tiba dengan Selamat, Dua Jamaah Meninggal di Arab Saudi

Pertamax Green RON 95 dibuat dengan mencampurkan 95 persen Pertamax dengan 5 persen bioetanol yang dihasilkan dari bahan baku terbarukan, yaitu molases atau tetes tebu.

Pemanfaatan bioetanol dalam bahan bakar ini bertujuan untuk meningkatkan akselerasi kendaraan dibandingkan dengan BBM Pendahulunya, Pertamax RON 92.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan, menyatakan bahwa Pertamax Green bukan hanya memberikan manfaat bagi performa kendaraan, tetapi juga turut berkontribusi pada target emisi nol bersih (NZE) 2060 yang dicanangkan oleh pemerintah.

Baca juga: Pemerintah Singapura Diminta Lebih Transparan dalam Penyelidikan Kasus Korupsi Mentri Transportasi Iswaran

"Pertamax Green RON 95 ini merupakan salah satu langkah dalam mendukung upaya mencapai emisi nol bersih. Kami berkomitmen untuk menyediakan produk bahan bakar yang ramah lingkungan dan berkontribusi pada keberlanjutan energi di Indonesia," ujar Riva saat acara peluncuran di SPBU MT Haryono, Jakarta, seperti dikutip republika, Selasa (25/7/2023) (24/7/2023).

Selain itu, produk ini juga menjadi solusi strategis untuk mengurangi ketergantungan impor minyak, karena bioetanol dapat diproduksi dari sumber daya dalam negeri, seperti perkebunan tebu.

Pertamina telah melakukan uji coba pada kendaraan untuk memastikan kualitas dan performa Pertamax Green RON 95. Semua hasil tes menunjukkan dampak yang positif bagi mesin kendaraan, sehingga Pertamina percaya produk ini akan diminati oleh konsumen.

Baca juga: Raih Gelar Doktor Termuda di Bidang Hukum Maritim: Inovasi Atika Thahira dalam Penanggulangan Pencemaran Pesisir Bintan

Saat ini, Pertamax Green baru tersedia di lima SPBU di wilayah DKI Jakarta dan 10 SPBU di Surabaya, Jawa Timur. Namun, Pertamina berencana untuk secara bertahap memperluas jangkauan pemasaran Pertamax Green hingga mencakup seluruh Jawa dalam waktu 12 bulan mendatang.

Riva menegaskan bahwa Pertamina tidak hanya ingin bersaing dengan produk sejenis dari kompetitor, tetapi lebih fokus pada kelengkapan produk dan layanan bagi konsumen. Pertamax Green RON 95 hadir sebagai pilihan alternatif bahan bakar berkualitas tinggi yang lebih ramah lingkungan.

Penggunaan BBM Pertamax Green RON 95 diharapkan dapat membantu mengurangi dampak lingkungan akibat penggunaan bahan bakar fosil dan mendorong transisi menuju energi bersih di masa depan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews