Upaya Meningkatkan Hasil Tangkapan

Gubernur Ansar Ahmad Berikan Alat Tangkap Perikanan Kepada Nelayan di Kota Batam

Gubernur Ansar Ahmad Berikan Alat Tangkap Perikanan Kepada Nelayan di Kota Batam

Kepri, Batamnews - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad, kembali menyerahkan bantuan alat tangkap perikanan kepada nelayan di Kota Batam. Acara penyerahan bantuan dilaksanakan di Aula Balai Perikanan Budidaya Laut Setokok, Barelang, Kota Batam pada Ahad, 23 Juli 2023.

Bantuan alat tangkap perikanan kali ini terdiri dari empat jenis bantuan dengan total pagu anggaran mencapai Rp1,046 miliar, yang bersumber dari APBD Provinsi Kepri tahun 2023. Gubernur Ansar secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut kepada nelayan dari beberapa kecamatan di Kota Batam.

Pertama, 19 unit mesin tempel berkapasitas 15 PK diberikan dengan pagu anggaran sebesar Rp632 juta untuk nelayan di Kecamatan Belakang Padang dan Kecamatan Bulang. Selanjutnya, ada bantuan 100 gulung alat kawat bubu senilai Rp89 juta untuk nelayan di Kecamatan Bulang, Kecamatan Galang, dan Kecamatan Belakang Padang.

Bantuan selanjutnya adalah 45 unit mesin ketinting senilai Rp263 juta, yang diberikan kepada nelayan di Kecamatan Belakang Padang. Terakhir, diserahkan 250 jaket pelampung dengan pagu anggaran Rp88 juta.

Baca juga: Pemprov Kepri Jalin Kerjasama dengan Dewan Pariwisata Thailand untuk Promosikan Pariwisata

Gubernur Ansar berharap bantuan ini dapat membantu masyarakat nelayan di Kota Batam, terutama dalam meningkatkan hasil tangkapan ikan dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga mereka. Beliau mengingatkan para nelayan agar menggunakan peralatan yang diberikan dengan baik dan maksimal guna mendapatkan manfaat yang optimal.

Selain memberikan bantuan peralatan perikanan, Gubernur Ansar juga menekankan pentingnya pengembangan budidaya perikanan untuk meningkatkan hasil produksi perikanan yang lebih baik. Dengan demikian, akan tercipta peluang pasar yang lebih luas, termasuk peluang ekspor.

Baca juga: Jalan Baru di Karimun: Kemudahan Akses dan Manfaat Ekonomi bagi Masyarakat - Tinjau Progres TMMD ke-117 Kodim 0317/TBK

Gubernur Ansar juga menyampaikan terima kasih kepada anggota DPRD Provinsi Kepri yang telah berperan aktif dalam memberikan dukungan melalui dana aspirasi untuk mendukung pemberian bantuan alat tangkap ikan kepada nelayan di Batam. 

Beberapa anggota DPRD Provinsi Kepri yang memberikan bantuan adalah Ririn Warsiti, Muhammad Syahid Ridho, Raden Hari Tjahyono, dan Sirajudin Nur.

Dalam acara penyerahan bantuan, hadir pula beberapa tokoh dan pejabat, antara lain Anggota DPRD Provinsi Kepri Sirajudin Nur dan Ririn Warsiti, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kepri Eko Prihartanto, Tokoh Perikanan Kepri Eko Fitriandi, serta Tim Percepatan Pembangunan dan OPD Provinsi Kepri, serta para nelayan penerima bantuan. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews