Fakta Unik Kota Tanjungpinang: Kilometer Disebut dengan Batu, Daya Tarik Budaya Malaysia

Fakta Unik Kota Tanjungpinang: Kilometer Disebut dengan Batu, Daya Tarik Budaya Malaysia

Tanjungpinang, Batamnews - sebuah kota yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia, terkenal dengan fakta unik yang menarik perhatian wisatawan dan penduduknya. Salah satu hal menarik yang membedakan Tanjungpinang dari kota-kota lain adalah penggunaan istilah "batu" sebagai pengganti "kilometer", dilaporkan pada hari Jumat (30/06/2023).

Menurut penduduk setempat, kebiasaan ini dipengaruhi oleh budaya yang kuat di Malaysia, negara tetangga yang berdekatan dengan Tanjungpinang.

"Istilah ini sama seperti di Malaysia, mereka juga menggunakan istilah 'batu'."

Baca juga : Tim U-19 Wanita Garuda Muda Sempurnakan Kebugaran di Gym Menjelang AFF U-19 Palembang

Tidak hanya itu, wilayah-wilayah di Tanjungpinang juga dikenal dengan sebutan "batu". Sebagai contoh, terdapat wilayah yang disebut Batu Enam, Batu Sembilan, Batu Sepuluh, dan sebagainya.

Seiring dengan adanya interaksi budaya yang intens antara Tanjungpinang dan Malaysia, penggunaan istilah "batu" sebagai pengganti "kilometer" telah menjadi budaya masyarakat setempat.

Meskipun penggunaan istilah "batu" mungkin unik di Tanjungpinang, para wisatawan dan pendatang baru dengan cepat terbiasa dengan penggunaan tersebut.

Baca juga : Bertemu Kemendagri, Gubri Diminta Pertahankan dan Lestarikan Bahasa Daerah

Bahkan, beberapa pengunjung menganggapnya sebagai ciri khas menarik yang membedakan Tanjungpinang dari kota-kota lain di Indonesia.

"Pada awalnya saya bingung, ketika ditanya tentang suatu lokasi, mereka menyebutnya dengan 'batu 7', misalnya," ujar salah satu pengunjung yang datang ke Tanjungpinang.

Penggunaan istilah "batu" di Tanjungpinang tidak hanya memberikan ciri khas tersendiri bagi kota ini, tetapi juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang.

Wisatawan dapat menjelajahi kota dengan menanyakan jarak atau mencari lokasi menggunakan istilah "batu", memberikan pengalaman yang unik dan berbeda dari daerah lain.

Pengaruh budaya Malaysia yang tercermin dalam penggunaan istilah "batu" menjadi salah satu fakta unik yang menambah daya tarik kota ini.

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews