Perkuat SDM, Diskominfotik Uji Coba Simulasi Serangan Siber di Provinsi Riau

Perkuat SDM, Diskominfotik Uji Coba Simulasi Serangan Siber di Provinsi Riau

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau mengadakan kegiatan uji coba keamanan siber yang dikenal dengan nama Cyber Security Drill Test. Kegiatan ini dilakukan di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Selasa (13/6/2023).

Pekanbaru, Batamnews - Dalam upaya meningkatkan keamanan sistem informasi dan melindungi data dari serangan siber, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau mengadakan kegiatan uji coba keamanan siber yang dikenal dengan nama Cyber Security Drill Test. Kegiatan ini dilakukan di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Selasa (13/6/2023).

Partisipan dalam kegiatan ini terdiri dari pengelola IT dan website di OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lingkungan Provinsi Riau, termasuk kabupaten/kota, serta anggota Tim RiauProv-CSIRT. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan dalam menghadapi serangan siber serta meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

"Kegiatan ini tujuannya untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan menghadapi serangan siber lebih baik. Termasuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan secara keseluruhan," kata Kepala Diskominfotik Riau, Erisman Yahya disela-sela kegiatan kepada Batamnews.

Baca juga: Effendi Sianipar Dukung Renovasi Terminal BRPS Pekanbaru Tingkatkan Pelayanan Angkutan Massal

Dalam era penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang, masalah keamanan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan guna melindungi data dari ancaman yang dapat menimbulkan kerugian.

"Diharapkan melalui Cyber Security Drill Test ini, para peserta dapat meningkatkan pengetahuan mereka dalam pengelolaan, penanggulangan, pemulihan, serta menghadapi potensi ancaman serangan siber," ungkap Erisman kepada Batamnews.

Ia juga menekankan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi tenaga ahli keamanan siber dan para profesional IT yang bertanggung jawab dalam mengelola sistem keamanan siber sebuah organisasi.

Kehadiran narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Achmad Ridho, dalam kegiatan ini memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan tentang keamanan siber kepada para peserta.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews