Tol Betung - Palembang Mencapai Tahap Akhir Konstruksi, Target Agustus 2023 Beroperasi

Tol Betung - Palembang Mencapai Tahap Akhir Konstruksi, Target Agustus 2023 Beroperasi

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) bisa beroperasi Agustus 2023 ini (internet)

Palembang, Batamnews - Proyek pembangunan Tol Betung Palembang, yang merupakan bagian dari tol Kayuagung-Palembang Betung atau dikenal sebagai Kapal Betung, semakin mendekati tahap penyelesaian. Pihak pengelola menargetkan, bulan Agustus Tol ini bisa beroperasi.

Tol Kapal Betung, yang dibangun oleh PT Waskita Sriwijaya Tol, saat ini telah beroperasi penuh melintasi empat daerah di Sumatera Selatan, yaitu Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, Kota Palembang, dan Kabupaten Banyuasin. 

Baca juga: Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Serbelawan di Sumut Akan Difungsikan pada Juli 2023

Sejauh ini, dua seksi tol telah beroperasi sepenuhnya, yaitu Seksi 1 Kayu Agung-Jakabaring dengan panjang 33,5 kilometer, dan Seksi 2A Jakabaring-Kramasan sepanjang 9 kilometer.

Seksi tersisa, yaitu Seksi 3 Musilindas-Betung dengan panjang 44,29 kilometer, masih dalam tahap konstruksi. 

Menurut data resmi dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), progres konstruksi proyek Tol Kapal Betung per April 2023 mencapai 73,81 persen untuk Seksi 2B Kramasan-Musilindas, dan 58,91 persen untuk Seksi 3 Musilindas-Betung.

Baca juga: Pekanbaru Bakal Punya 3 Ruas Jalan Tol, Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Rengat Segera Dimulai

Kepala BPJT, Danang Parikesit, seperti dikutip harianmuba, Senin (5/6/2023) menekankan pentingnya penyelesaian proyek ini sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Pekerjaan penyelesaian struktur, termasuk pembangunan jalur perlintasan overpass, jembatan, dan jembatan tol utama, terus dipercepat. 

Diperkirakan, tol ini dapat diselesaikan tepat waktu agar masyarakat dapat menikmati akses yang lebih baik pada bulan Agustus, bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Baca juga: Duh, Eks Kades di Palembang Gunakan Dana Desa untuk Foya-foya hingga Open BO

Tol Kapal Betung akan dilengkapi dengan tujuh simpang susun (SS) yang tersebar di beberapa titik, antara lain SS SP Padang, SS Jejawi, SS Kramasan, SS Gandus, SS Sungai Rengas, SS Pulau Rimo, dan SS Pangkalan. Selain itu, akan ada enam rest area yang akan dibangun sepanjang jalan tol ini sepanjang 111,69 kilometer.

Dengan mendekati tahap penyelesaian, proyek Tol Betung Palembang menjanjikan harapan baru bagi kemajuan ekonomi dan peningkatan mobilitas di Sumatera Selatan. 

Baca juga: Mie Tek Tek, Kuliner Primadona Baru Palembang, Begini Cara Membuatnya

Konektivitas yang lebih baik akan mempermudah aksesibilitas antara daerah-daerah, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan membuka peluang investasi baru. Selain itu, tol ini juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan meningkatkan


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews