Pekanbaru Bakal Punya 3 Ruas Jalan Tol, Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Rengat Segera Dimulai

Pekanbaru Bakal Punya 3 Ruas Jalan Tol, Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Rengat Segera Dimulai

Pemerintah segera memulai pembangunan jalan tol Pekanbaru-Rengat, saat ini sudah dimulai penetapan lokasi (penlok) (ilustrasi)

Pekanbaru, Batamnews - Pemerintah segera memulai pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Rengat-Pekanbaru, dan tahap awal pembangunan akan dimulai dari Seksi Lingkar Pekanbaru. 

Hal ini bertujuan untuk menghubungkan ruas-ruas jalan tol yang sudah ada di Provinsi Riau. Diantaranya, ruas tol Dumai-Pekanbaru, Pekanbaru-Bangkinang dan Pekanbaru-Rengat.

Baca juga: Pembangunan Seksi Lingkar Pekanbaru Jadi Prioritas Utama Jalan Tol Trans Sumatra Ruas Rengat-Pekanbaru

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Febry Calvin Tetelepta, dalam kunjungan kerjanya di Pekanbaru pada Selasa (23/5), menjelaskan bahwa pembangunan Seksi Lingkar Pekanbaru akan menjadi prioritas.  

"Dengan demikian, konektivitas wilayah di Provinsi Riau akan semakin baik guna mendukung distribusi logistik maupun mobilitas masyarakat," ujar Febry.

Dia juga menyebutkan bahwa tahap konstruksi pembangunan JTTS Seksi Lingkar Pekanbaru diharapkan dapat dimulai pada pertengahan Juni 2023 dan selesai paling lambat Oktober 2024.

Baca juga: Muhammad Rudi dan Forkopimda Sambut Pulangnya 400 Personel Yonif Raider Khusus 136/TS di Batam

"Dalam hal ini, pengadaan tanah sedang dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN bersama Kementerian PUPR dan pemerintah daerah," jelasnya.

Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero), Koentjoro, menjelaskan bahwa Seksi Lingkar Pekanbaru membentang sepanjang tiga puluh kilometer, mulai dari Junction Pekanbaru hingga Bypass Pekanbaru. Secara administratif, seksi ini melintasi wilayah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Baca juga: Polres Karimun Bentuk Polisi RW, Lebih Dekat ke Masyarakat

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, S.F. Harianto, mengakui bahwa pembangunan infrastruktur yang begitu besar ini akan menjadi modal bagi Provinsi Riau untuk lebih maju lagi.

"Mewakili masyarakat Bumi Lancang Kuning, saya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat," ucap Harianto.

Dengan dimulainya pembangunan Jalan Tol Seksi Lingkar Pekanbaru dalam JTTS, diharapkan konektivitas dan aksesibilitas di Provinsi Riau dapat meningkat, memberikan dampak positif bagi distribusi logistik dan mobilitas masyarakat.

(WAN)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews