Natuna-Anambas, Daerah Terpencil di Kepri dengan Pesona Alam yang Menakjubkan

Natuna-Anambas, Daerah Terpencil di Kepri dengan Pesona Alam yang Menakjubkan

Petan Natuna-Anambas. (Foto: istimewa)

Natuna, Batamnews - Pulau Sumatera yang terkenal dengan keindahan dan keanekaragaman nya terdiri dari beberapa provinsi yang memikat. Salah satu provinsi yang menghuni Pulau Sumatera adalah Kepulauan Riau. Provinsi ini memiliki letak geografis yang unik dengan batas-batas wilayah yang menarik untuk dilihat.

Jika dilihat dari posisi geografisnya, Kepulauan Riau memiliki batas-batas wilayah yang menarik. Di sebelah utara, provinsi ini berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja, sementara di sebelah selatan berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Jambi.

Di sebelah barat, Kepulauan Riau berbatasan dengan Singapura, Malaysia, dan Provinsi Riau, sedangkan di sebelah timur berbatasan dengan Malaysia dan Kalimantan Barat.

Baca juga: Warga Bangka Tangkap Buaya 3 Meter Pemangsa Nelayan hingga Tewas

Secara astronomis, Provinsi Kepulauan Riau terletak pada posisi 00029’ Lintang Selatan dan 04040’ Lintang Utara, serta 103022’ dan 10904’ Bujur Timur. Luas wilayah Provinsi Kepulauan Riau mencapai 8.201,72 km2, yang terdiri dari daratan dan perairan yang memikat.

Dengan luas wilayah yang demikian, Provinsi Kepulauan Riau menjadi tempat tinggal bagi 2.179.820 jiwa penduduk yang tersebar di 7 kabupaten/kota. Namun, persebaran penduduk yang tidak merata menyebabkan beberapa wilayah di provinsi ini dianggap sebagai daerah terpencil.

Daerah terpencil adalah wilayah yang memiliki jumlah penduduk tersedikit di antara wilayah lainnya. Berdasarkan data Provinsi Kepulauan Riau Dalam Angka 2023, terdapat dua wilayah yang masuk dalam kategori daerah terpencil di Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2022.

Baca juga: Duh, Eks Kades di Palembang Gunakan Dana Desa untuk Foya-foya hingga Open BO

Peringkat kedua ditempati oleh Natuna, dengan jumlah penduduk sebanyak 85.450 jiwa. Sedangkan peringkat pertama diisi oleh Kepulauan Anambas yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 50.300 jiwa.

Kepulauan Anambas, yang berada di peringkat pertama sebagai daerah terpencil, menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Terdiri dari sekumpulan pulau-pulau kecil yang belum banyak tersentuh, Kepulauan Anambas merupakan surga tersembunyi di Provinsi Kepulauan Riau.

Keindahan pantainya, air laut yang jernih, dan kehidupan bawah laut yang mempesona membuat Kepulauan Anambas menjadi tujuan wisata yang menarik.

Meskipun dianggap sebagai daerah terpencil, kedua wilayah ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan dalam sektor pariwisata dan sumber daya alamnya. Keindahan alam dan kehidupan masyarakat yang kental dengan budaya lokal menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin menjelajahi sisi kedua kabupaten tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews