Wisatawan Asal Singapura dan Malaysia Membanjiri Batam Selama Libur Waisak

Wisatawan Asal Singapura dan Malaysia Membanjiri Batam Selama Libur Waisak

Ribuan wisatawan asal Singapura dan Malaysia padati Kota Batam selama libur Waisak 2023 (internet)

Batam, Batamnews - Ribuan wisatawan mancanegara (wisman) dari Singapura dan Malaysia memadati Kota Batam selama libur Hari Raya Waisak 2023.

Menurut Kepala Seksi Operasional Pelabuhan Internasional Batam Center, Sobri, jumlah penumpang meningkat secara signifikan. Peningkatan itu membuat pihak pengelola pelabuhan harus menambah 14 perjalanan kapal dari Singapura.

Baca juga: Badan Pangan Singapura Larang Edar Ego Honey 200 Gram, Sulfur Dioksida Melebihi Batas, Hati-hati di Batam

"Hari ini, kami telah menambah 14 perjalanan kapal dari Singapura, sehingga totalnya mencapai 66 perjalanan, dibandingkan dengan jumlah normal sebanyak 52 perjalanan dalam sehari," kata Sobri. 

Disebutkan, kapal kecil mampu mengangkut sekitar 250 orang. Sementara kapal besar mampu mengangkut sekitar 322 orang penumpang, dan semua kapal penuh terisi. 

Baca juga: Cristiano Ronaldo Disambut Ribuan Penggemar di Taman Botani Singapura

"Jadi, jumlah wisatawan yang datang hari ini mencapai ribuan, jauh lebih tinggi dari hari-hari biasa," ungkap Sobri di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), pada Jumat (2/6/2023).

Sobri menjelaskan bahwa lonjakan kedatangan wisman ini didominasi oleh wisatawan dari Singapura, karena mereka menikmati libur panjang menyambut Hari Raya Waisak yang jatuh pada hari Minggu, 4 Juni 2023.

Baca juga: Poli dan Amber Hadir di Snow City Singapura: Pengalaman Tak Terlupakan di Dunia Salju

Meskipun begitu, Sobri juga mengatakan bahwa kemungkinan masih ada lonjakan wisman yang datang pada Sabtu, 3 Juni. Untuk itu, mereka telah menyiapkan seluruh petugas di pelabuhan untuk mengantisipasi dan menangani lonjakan wisatawan dengan baik. 

Sobri memperkirakan bahwa ribuan wisman ini kemungkinan akan kembali ke negara asal mereka pada Minggu (4/6/2023). 

"Kami memprediksi arus balik akan terjadi pada hari Minggu, karena mereka hanya memiliki libur selama tiga hari. Pada hari Senin (5/6/2023), mereka akan kembali beraktivitas seperti biasa," ungkapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews