Penuhi Pasokan Hewan Kurban, Karimun Tambah Pasokan Sapi dari Natuna

Penuhi Pasokan Hewan Kurban, Karimun Tambah Pasokan Sapi dari Natuna

Karimun datangkan sapi dari Natuna penuhi kebutuhan hewan kurban. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun telah mengambil langkah strategis dalam memastikan pasokan hewan kurban yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Pasokan hewan kurban untuk Karimun tersebut didatangkan dari daerah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), yang dijembatani oleh Dinas Pangan dan Pertanian (Dispantan) Karimun.

Dalam rapat baru-baru ini dilakukan oleh Dispantan Karimun,  yang dihadiri oleh para pemasok hewan dan peternak lokal, dikemukakan bahwa pemenuhan hewan kurban dari peternak lokal merupakan arahan langsung dari Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Baca juga: Pangdam I/BB Resmikan Lapangan Tembak Pistol Kodim, Selain untuk Prajurit Juga Menyiapkan Atlit Tembak Karimun

Tujuan dari arahan ini adalah untuk memaksimalkan pemanfaatan potensi peternakan lokal dalam memenuhi kebutuhan hewan kurban.

"Kami pastikan ketersediaan hewan kurban untuk Idul Adha nanti aman. Insha Allah akan ada tambahan dari Natuna," ungkap Sukriyanto Jaya Putra, Kepala Dispantan Karimun, Jumat (2/6/2023).

Berdasarkan data tahun sebelumnya, kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Karimun mencapai 450 ekor sapi dan 700 ekor kambing. Saat ini, terdapat sekitar 300 ekor sapi yang layak untuk dijadikan hewan kurban, namun belum bisa dipastikan bahwa peternak akan menjual seluruhnya.

Baca juga: Harga Sapi Kurban di Anambas Naik Tajam, Paling Murah Rp 18 Juta

Oleh karena itu, Pemerintah Karimun berencana untuk mengimpor 100 ekor sapi dari Natuna, dan salah satu peternak Karimun juga telah berada di Natuna untuk memastikan kelancaran pengiriman hewan.

"Kalau tidak ada halangan Senin sudah sampai," ujarnya.

Selain itu, terkait dengan harga hewan kurban, terdapat beberapa jenis sapi yang ditawarkan di pasar Karimun. Sapi jenis PO Super dengan berat daging 110 kilogram memiliki harga sekitar Rp 30 juta, sedangkan sapi jenis PO biasa dengan berat daging di atas 80 kilogram dijual seharga Rp 26 juta.

Untuk sapi dengan berat di bawah 80 kilogram, harganya sekitar Rp 24 juta. Sementara itu, harga sapi jenis Bali bervariasi mulai dari Rp 22 juta, Rp 24 juta, hingga Rp 26 juta. Hewan kurban sapi jenis Rambon dijual dengan harga sekitar Rp 26 juta.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews