Peringatan Hari Lahir Pancasila di Riau: Mengaktualisasikan Nilai-nilai Pancasila

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Riau: Mengaktualisasikan Nilai-nilai Pancasila

Pemprov Riau melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 di Kantor Gubernur Riau pada Kamis (1/6/2023) pagi. Upacara tersebut dipimpin oleh Gubernur Riau Syamsuar yang mengenakan pakaian adat Melayu berwarna hitam.

Pekanbaru, Batamnews - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 di Kantor Gubernur Riau pada Kamis (1/6/2023) pagi. Upacara tersebut dipimpin oleh Gubernur Riau Syamsuar yang mengenakan pakaian adat Melayu berwarna hitam.

Meskipun awalnya upacara tersebut direncanakan digelar di halaman Kantor Gubernur Riau, namun karena cuaca hujan, upacara dilaksanakan di ruang Melati Kantor Gubernur. Meskipun demikian, suasana upacara tetap khidmat dan diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Selain Gubernur Syamsuar, tampak hadir pula Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution, Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau, serta kepala OPD di lingkungan Provinsi Riau.

Baca juga: Sui Hiok Minta Operator Kapal Optimalkan Pelayanan Transportasi Laut di Pesisir Senayang

Dalam upacara tersebut, Gubernur Syamsuar membacakan amanat Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Dalam amanat tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya adalah falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

Presiden Jokowi menekankan bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan elemen yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, serta menjadi panduan dinamis dalam menjalani kehidupan bangsa sesuai dengan cita-cita pendirian negara, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur.

Gubernur Syamsuar juga menyampaikan bahwa Pancasila bukanlah sekadar wacana, melainkan merupakan realitas obyektif dengan legitimasi yang kuat baik secara filsafat, politis, historis, maupun kultural.

Baca juga: Jadwal Film Terbaru di Bioskop-Bioskop Batam: Temukan Film Favoritmu dan Nikmati Pengalaman Menonton yang Seru!

Keberadaan Pancasila dianggap sebagai anugerah Tuhan yang maha esa bagi bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi wujud cinta terhadap tanah air dan membantu membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

Syamsuar juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional bhineka tunggal ika," tutur Gubernur.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 diharapkan dapat meningkatkan kinerja, menciptakan prestasi, menumbuhkan terobosan, dan merangsang pembaharuan baik pada tahun 2023 maupun pada tahun-tahun mendatang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews