Kebutuhan Hewan Kurban Pekanbaru Diprediksi Capai 9.000 Ekor

Kebutuhan Hewan Kurban Pekanbaru Diprediksi Capai 9.000 Ekor

Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, Riau, memperkirakan kebutuhan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah mencapai 9.000 ekor.

Pekanbaru, Batamnews - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, Riau, memperkirakan kebutuhan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah mencapai 9.000 ekor.

Kepala Distankan Kota Pekanbaru, Muhammad Firdaus, mengungkapkan bahwa jumlah hewan ternak tersebut terdiri dari 7.000 ekor sapi dan 2.000 ekor kambing.

Dalam rangka memastikan kualitas dan kelayakan hewan kurban, pihak Distankan akan mengawasi ketat hewan-hewan tersebut yang akan masuk ke wilayah setempat. Mereka juga akan meningkatkan pemeriksaan hewan kurban di berbagai kandang peternak.

Baca juga: Mal Pelayanan Publik Pekanbaru Tutup Sementara Selama Libur Bersama, Buka Lagi 5 Juni

"Pemeriksaan terhadap hewan kurban memang masih dalam rapat internal. Namun, jika sudah mencapai lebih dari 60 persen dari kebutuhan, kami akan turun bersama untuk melakukan pengecekan, paling tidak dua pekan sebelum Idul Adha," ujar Firdaus, Rabu (31/5/2024).

Ia menambahkan bahwa pemeriksaan terhadap hewan kurban akan meliputi aspek administrasi dan fisik. Pemeriksaan administrasi berkaitan dengan surat izin masuk hewan, terutama bagi hewan kurban yang berasal dari luar daerah.

Sementara itu, pemeriksaan fisik akan memeriksa kesehatan hewan kurban dan menentukan apakah hewan tersebut layak atau tidak. Jika pemilik ternak tidak memiliki administrasi yang lengkap, peternak diminta untuk melakukan uji laboratorium ulang.

"Jika administrasinya tidak lengkap, hewan harus diuji laboratorium. Jika hasilnya menunjukkan bahwa hewan tersebut sehat, maka hewan tersebut dapat dilanjutkan untuk disembelih atau dijual sebagai hewan kurban," pungkas Firdaus.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews