BPBD Riau Mengerahkan Helikopter Water Bombing untuk Padamkan Karhutla di Rupat

BPBD Riau Mengerahkan Helikopter Water Bombing untuk Padamkan Karhutla di Rupat

BPBD Riau kerahkan tiga heli water bombing untuk memadamkan karhutla di Rupat, Bengkalis (internet)

Pekanbaru, Batamnews - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali melanda Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, di Desa Dungun Baru pada Kamis (25/5/2023). Tim gabungan sedang berjuang keras untuk memadamkan api yang meluas di wilayah tersebut.

Baca juga: Penemuan Barang Menarik di Koper Jemaah Haji RI di Bandara Madinah: Rice Cooker hingga Bumbu Masak

Jim Gafur, Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, menjelaskan bahwa selain menurunkan petugas pemadam kebakaran secara darat, mereka juga menggunakan helikopter water bombing untuk mempercepat proses pemadaman di lokasi kebakaran.

"Kami telah menurunkan helikopter water bombing ke lokasi hari ini, dan kami berharap api dapat segera padam," ujar Jim pada Kamis (25/5/2023).

Jim juga menjelaskan bahwa lahan yang terbakar di Desa Dungun Baru sebelumnya telah mengalami kebakaran pada pertengahan Mei dan sudah berhasil dipadamkan. Namun, api kembali muncul di area tersebut.

Baca juga: Kejadian Menyeramkan di Batam: Dokter Terkejut Saat Berpapasan dengan Makhluk Mirip Pocong

"Pada saat ini, api kembali muncul di lahan yang sebelumnya terbakar. Kami sedang berusaha memadamkannya," kata Jim.

BPBD Riau mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Mereka juga mengingatkan agar tidak membuang puntung rokok yang masih menyala dan berhati-hati saat membuat api unggun saat memancing di kebun, tanah kosong, atau di hutan.

Baca juga: Marina City: Kisah Pusat Judi yang Mencekam setelah Jadi Kota Mati di Batam

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk segera melaporkan kebakaran hutan dan lahan ke petugas dan aparat terdekat agar api dapat segera ditangani dan dipadamkan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews