Penemuan Barang Menarik di Koper Jemaah Haji RI di Bandara Madinah: Rice Cooker hingga Bumbu Masak

Penemuan Barang Menarik di Koper Jemaah Haji RI di Bandara Madinah: Rice Cooker hingga Bumbu Masak

Petugas Bandara Madinah sedang membongkar koper jemaah haji dari Indonesia, ditemukan sejumlah barang aneh (internet)

Madinah, Batamnews -Ribuan calon jemaah haji Indonesia dari gelombang I telah tiba di Madinah, Arab Saudi, sejak Rabu (24/5/2023). Proses penyambutan kedatangan jemaah haji di Bandara Internasional Amir Mohammed bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah berjalan lancar, namun terdapat kejadian menarik saat pemeriksaan barang bawaan jemaah oleh petugas bandara.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Haryanto, mengungkapkan bahwa beberapa kloter jemaah haji menghadapi pembongkaran koper karena adanya barang-barang yang menarik perhatian petugas.

Baca juga: 1.200 Calon Jemaah Haji Kepri Diberangkatkan ke Tanah Suci Tahun Ini

Dalam tiga kloter, yaitu Kloter UPG-01, Kloter BTJ-01, dan Kloter BTH-02, petugas menemukan barang-barang menarik di dalam koper jemaah. 

Di Kloter UPG-01, terdapat dua koper yang dibongkar karena membawa beras, bumbu masak, sambal ikan asin, dan satu slop rokok. 

Pada Kloter BTJ-01, dua koper dibongkar karena terlalu banyak membawa bumbu makanan dan obat-obatan.

Baca juga: Bupati Aunur Rafiq Melepas Keberangkatan Calon Jemaah Haji Karimun Menuju Tanah Suci

Hal yang lebih menarik terjadi di Kloter BTH-02, di mana petugas menemukan tiga koper yang berisi rice cooker dan bumbu masak yang mencurigakan. Meskipun adanya kecurigaan, otoritas bandara tidak menyita barang-barang tersebut.

Haryanto menyampaikan bahwa semua koper yang dibongkar akhirnya bisa dibawa oleh jemaah haji, termasuk obat-obatan dan bumbu masak. Ia menekankan bahwa jemaah haji diperbolehkan membawa barang-barang tersebut selama tidak berlebihan.

Baca juga: Bintan Lepas 34 Calon Jemaah Haji ke Tanah Suci

"Alhamdulillah koper-koper yang sempat dibongkar akhirnya bisa dibawa termasuk obat dan bumbu-bumbunya. Sebenarnya di sini itu ketika jemaah haji bawa barang-barang itu boleh, tapi tidak berlebihan," ucap Haryanto seperti dikutip liputan6.com, Jumat (26/5/2023).

Penemuan barang menarik di dalam koper jemaah haji menambah cerita unik dalam perjalanan ibadah mereka. Hal ini menjadi pengalaman yang menarik dan mengingatkan bahwa proses pemeriksaan bandara tetap berlangsung ketat demi keamanan dan keselamatan semua penumpang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews