Kebakaran Lahan Perkebunan Sawit di Pesisir Selatan Sumbar Meluas, Pemadaman Terkendala Akses dan Peralatan

Kebakaran Lahan Perkebunan Sawit di Pesisir Selatan Sumbar Meluas, Pemadaman Terkendala Akses dan Peralatan

Kebakaran lahan sawit di Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar makin meluas, petugas kesulitan dengan akses lokasi (internet)

Painan, Batamnews - Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dilanda kebakaran lahan perkebunan sawit yang semakin meluas. Proses pemadaman menghadapi kendala akibat akses yang jauh dan keterbatasan peralatan yang tersedia.

Baca juga: Gubernur Arinal Tanggapi Kontroversi Alamat Fiktif Pemenang Tender Proyek Jalan di Lampung

Menurut Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan, Defri Siswardi, luas lahan yang terbakar terus bertambah. Dari awal hanya satu titik api, kini sudah mencapai tiga titik api yang memerlukan upaya serius untuk dipadamkan.

"Kami menerima laporan kebakaran lahan pada Selasa (23/5) dengan hanya satu titik api, namun saat ini jumlahnya bertambah menjadi tiga titik api," ujar Defri Siswardi seperti dilansir okezone, Kamis (25/5/2023).

Baca juga: Puteri Indonesia Intelegensia Wakil Kepri, Lycie Joanna Ikut Jadi Calo Tiket Coldplay, Ini Katanya Setelah Viral

Tim pemadam kebakaran yang terdiri dari Kepolisian Sektor Lunang, Danramil, dan petugas kecamatan sedang berupaya memadamkan api, meskipun dengan keterbatasan peralatan yang tersedia.

Defri menjelaskan bahwa kendala dalam pemadaman disebabkan oleh jarak yang jauh antara lokasi kebakaran dengan pusat logistik, serta kondisi jaringan komunikasi yang buruk yang menghambat koordinasi dan permintaan bantuan.

"Kami berharap titik api dapat segera dipadamkan," tambahnya.

Baca juga: Perbaikan Kebocoran Pipa Selesai, Air Batam Hilir Menjamin Normalisasi Suplai Air kepada Pelanggan

Kecamatan Silaut, yang merupakan daerah terdampak, berada di paling ujung selatan Kabupaten Pesisir Selatan dan berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu. Jarak tempuh dari ibu kota Kabupaten Pesisir Selatan, Painan, ke Kecamatan Silaut sekitar 186 kilometer, sedangkan dari Padang sekitar 264 kilometer.

Daerah tersebut termasuk dalam Kawasan Transmigrasi Lunang-Silaut dan sebagian besar terdiri dari perkebunan sawit.

Upaya pemadaman terus dilakukan dengan harapan dapat segera mengendalikan situasi dan melindungi lingkungan serta masyarakat dari ancaman kebakaran yang semakin meluas.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews