Seratusan Jemaah Haji Sumbar yang Telah Melunasi Pembayaran Belum Pasti Bisa Berangkat Tahun Ini

Seratusan Jemaah Haji Sumbar yang Telah Melunasi Pembayaran Belum Pasti Bisa Berangkat Tahun Ini

Lebih seratus calon jamaah haji asal Sumbar yang telah melunasi ONH terancam batal berangkat (ilustrasi)

Padang, Batamnews - Meskipun sudah membayar biaya keberangkatan secara penuh, sebanyak 135 calon jemaah haji asal Sumatera Barat (Sumbar) belum memiliki kepastian untuk berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 1444 H/2023 M.

Pada tahun ini, Sumbar mendapatkan kuota haji sebanyak 4.613 jemaah. Namun, jumlah calon jemaah haji yang telah melunasi pembayaran mencapai 4.748 orang, menghasilkan selisih sebanyak 135 orang.

Baca juga: Tiga Jemaah Haji dari Bintan Gagal Berangkat: Satu Meninggal Dunia dan Dua Tidak Memenuhi Syarat

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Sumbar, Ramza Husmen, menjelaskan bahwa 135 calon jemaah tersebut termasuk dalam kuota cadangan.

"Kami sedang berupaya agar calon jemaah yang telah melunasi pembayaran tetapi masuk dalam kuota cadangan ini tetap dapat berangkat tahun ini," ujar Ramza seperti dikutip Infosumbar, Rabu (24/5/2023).

Baca juga: Bupati Aunur Rafiq Melepas Keberangkatan Calon Jemaah Haji Karimun Menuju Tanah Suci

Embarkasi Padang akan melaksanakan keberangkatan sebanyak 17 kelompok terbang (Kloter), di mana 14 Kloter di antaranya terdiri dari jemaah haji Sumbar dan sisanya untuk jemaah haji asal Bengkulu.

"Setiap kloter akan terdiri dari 388 jemaah yang akan berangkat ke Arab Saudi, kecuali kloter terakhir yang hanya terdiri dari 41 orang," tambahnya.

Baca juga: Pekerja di Padang, Rencananya Mau Izin Pergi Haji, Malah yang Diperoleh Surat Pemecatan

Pada kloter terakhir, jemaah haji dari embarkasi lain akan digabungkan sehingga jumlah tetap sama dengan kloter sebelumnya.

"Kami berharap dengan upaya dan doa, 135 jemaah Sumbar yang masuk dalam kuota cadangan dapat berangkat pada kloter terakhir. Hal ini sedang kami upayakan dengan sungguh-sungguh," tutupnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews