Kejanggalan LHKPN, KPK Periksa Kembali Sekda Riau SF Hariyanto dan Kadinkes Lampung Reihana

Kejanggalan LHKPN, KPK Periksa Kembali Sekda Riau SF Hariyanto dan Kadinkes Lampung Reihana

KPK panggil kembali Sekda Riau SF Hariyanto dan Kadinkes Lampung Reihana Wijayanto untuk klarifikasi LHKPN (internet)

Jakarta, Batamnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung, Reihana Wijayanto, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Riau, SF Hariyanto, hari ini, Senin (22/5/2023) terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) mereka. 

KPK menemukan kejanggalan dalam laporan harta kekayaan keduanya, sehingga kedua pejabat daerah tersebut diminta untuk klarifikasi.

Baca juga: KPK Panggil Wagub dan Kadinkes Lampung untuk Klarifikasi LHKPN: Ada Apa Sebenarnya?

"Direktorat PP LHKPN hari ini, Senin, mengagendakan permintaan klarifikasi atas nama dua orang pejabat daerah, yaitu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan Sekretaris Daerah Provinsi Riau," ungkap Juru Bicara bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati melalui pesan singkatnya, Senin (22/5/2023) seperti dilansir viva.

Kedua pejabat tersebut diharapkan hadir di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. Tim Kedeputian Pencegahan KPK menjadwalkan sesi klarifikasi dengan Reihana dan SF Hariyanto pada pukul 09.00 WIB.

Baca juga: Kisah Sukses Pejabat Bea Cukai Andhi Pramono: Dari Salatiga ke Rumah Mewah di Berbagai Kota dan Berakhir di KPK

Sebelumnya, Kadinkes Lampung dan Sekda Riau telah menjalani klarifikasi terkait laporan harta kekayaan mereka. Namun, KPK masih membutuhkan keterangan tambahan karena masih terdapat kejanggalan dalam LHKPN keduanya.

SF Hariyanto diklarifikasi terkait harta kekayaannya setelah video viral yang menunjukkan istriya yang berfoya-foya atau hidon di media sosial. Foto-foto istri SF Hariyanto yang memamerkan gaya hidup mewah, termasuk tas-tas mahal, diunggah oleh pemilik akun Twitter @PartaiSocmed beberapa waktu yang lalu.

Akun @PartaiSocmed juga mempertanyakan pesta ulang tahun mewah anak SF Hariyanto yang diadakan di Ritz Carlton. Akun tersebut menanyakan apakah hotel tersebut adalah Ritz Carlton palsu dan apakah pesta tersebut hanya imajinasi semata.

Baca juga: Breaking News! Timnas Argentina Siap Beraksi di Indonesia: Pertandingan Seru di FIFA Matchday Juni 2023

Sementara itu, dalam LHKPN Reihana Wijayanto juga terdapat ketidakwajaran. Harta kekayaannya tidak sebanding dengan jabatannya sebagai Kadinkes Lampung yang telah menjabat selama 14 tahun.

Beberapa foto Reihana yang memperlihatkan gaya hidup mewah dan penggunaan barang-barang bermerk, termasuk tas Hermes Birkin yang harganya mencapai hampir 200 juta, juga viral di media sosial.

Baca juga: Tragedi di Gunung Everest: Seorang Pendaki Malaysia Meninggal, Satu Orang Hilang dalam Ekspedisi Everest Malaysia 2023

Kedatangan Kadinkes Lampung dan Sekda Riau ke KPK hari ini diharapkan dapat memberikan klarifikasi yang dibutuhkan terkait LHKPN mereka. KPK terus melakukan tindakan pencegahan dan pengawasan untuk memastikan integritas penyelenggara negara dalam melaporkan harta kekayaan mereka.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews