Tahun Ini Anak-anak Sudah Bisa Urus Kartu Identitas, Ini Manfaatnya

Tahun Ini Anak-anak Sudah Bisa Urus Kartu Identitas, Ini Manfaatnya

Contoh Kartu Identitas Anak. (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Anak-anak 0-17 tahun akan dilengkapi dengan Kartu Identitas Anak (KIA). Program pemerintah itu akan segera terlaksana pada tahun ini. 

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam menyambut baik rencana tersebut. Program tersebut mempermudah anak dalam pengurusan keperluan seperti, BPJS, sekolah, dan keperluan lainnya

Kepala Bidang Pendaftaran dan Informasi Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam, Heryanto Joesoef mengatakan, program tersebut dimulai pada tahun ini.

"Selama ini orangtua hanya mengandalkan Kartu Keluarga (KK), dalam pengurusan urusan anak, kedepannya diharapkan dengan keberadaan KIA dapat mempermudah proses yang berhubungan dengak kepentingan dan keperluan anak," kata Heryanto Joesoef.

Untuk berbentuk Kartu Identitas Anak, hampir sama seperti KTP orang dewasa hanya saja belum berbentuk elektronik. "Sama seperti KTP hanya saja belum elektronik," ujarnya

Pada KIA nanti, akan memuat beberapa informasi mengenai biodata diri anak seperti, nama anak, nama orang tua, alamat, golongan darah, tempat tanggal lahir anak, dan NIK.

Sebelum terlaksananya program KIA Tahun 2016 ini, Disdukcapil akan melakukan pendataan anak yang akan didaftarkan sebagai pemegang KIA. 

"Kita daftar dulu anak-anaknya," papar Heryanto, Kamis (31/12/2015)

Namun mengenai mekanisme pembuatan KIA, juga termasuk persyaratan yang harus disiapkan, saat ini masih menunggu informasi dari pusat. Sebelumnya, program ini juga telah di bahas bersama saat pembuakaan Rakernas yang digelar di Jambi beberapa waktu lalu.

 

[edo]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews