Apron Padat, Pesawat di Bandara Hang Nadim Terpaksa Antre

Apron Padat, Pesawat di Bandara Hang Nadim Terpaksa Antre

Aktivitas sebuah pesawat di Bandara Hang Nadim Batam

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Apron Bandara Internasional Hang Nadim Batam gagal dibangun di 2015. Rencananya otoritas Bandara kembali akan membangun apron seluas 40 ribu meter persegi.

"Tahun ini lelangnya gagal, lelang dan pembangunan dilanjutkan pada 2016," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Senin (28/12/2015).

Suwarso mengatakan, pembangunan mengingat apron bandara sudah penuh, apalagi di jam sibuk.

Bahkan, menurut Suwarso, pesawat terkadang terpaksa menunggu atau antre, pada saat sejumlah pesawat tengan menurunkan dan menaikkan penumpang.

”Pesawat-pesawat itu terpaksa menunggu,”” kata dia.

Perluasan apron, kata dia, akan sangat menunjang operasional maskapai-maskapai di Hang Nadim khususnya dalam menghemat bahan bakar.

"Jika tertahan, akan membuat jadwal penerbangan terganggu. Selain itu juga boros bahan bakar meningkat saat menunggu masuk apron mesin tetap menyala," kata Suwarso.

Dengan tambahan tersebut, diharapkan akan mampu menampung sekitar 30 pesawat jenis Boeing 737 atau Airbus A320 dalam waktu bersamaan karena saat ini sudah mampu memuat sekitar 22 pesawat secara bersamaan.

"Rencananya sebenarnya sudah lama. Namun saat ini sepertinya proses lelang kembai gagal. Sehingga baru bisa dibangun tahun 2016," kata Suwarso seperti dikutip Kantor Berita Antara.

Untuk saat ini, kata dia, sejumlah perbaikan juga dilakukan untuk menambah kenyamanan penumpang seperti penggantian pendingin udara dengan yang baru, renovasi terminal kedatangan, kawasan parkir karena jumlah penerbangan terus bertambah.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam merupakan fasilitas milik BP Batam yang dibangun sejak periode 1980 saat Presiden RI Ketiga BJ Habibie memimpin Otorita Batam (kini BP Batam).

 

[snw]

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews