10 Hewan Paling Pintar di Dunia, Ada Orangutan hingga Tikus

10 Hewan Paling Pintar di Dunia, Ada Orangutan hingga Tikus

Tikus. (Foto: SHUTTERSHOCK/Carlos Aranguiz)

Jakarta - Hewan jadi salah satu makhluk yang hidup berdampingan dengan manusia di dunia. Jumlahnya jutaan, dan seringkali dianggap makhluk yang tak memiliki akal sehat.

Tapi ternyata, hewan juga makhluk yang pintar. Bahkan dari jutaan hewan yang ada di dunia, terdapat 10 hewan paling pintar yang dikeluarkan oleh sekelompok orang yang tergabung dalam komunitas ilmiah.

Berikut daftarnya, dilansir dari AZ animals yang terbit pada pertengahan April 2023 lalu:

1. Orangutan

Menempati posisi pertama sekaligus mendapat titel sebagai hewan terpintar, orangutan memang memiliki kecerdasan yang luar biasa. Hewan ini mampu menggunakan alat. belajar bahasa isyarat, hingga memiliki struktur sosial layaknya manusia yang hidup bermasyarakat.

2. Lumba-lumba hidung botol

Banyak orang percaya bahwa lumba-lumba hidung botol adalah hewan terpintar, tetapi lumba-lumba hidung botol menduduki peringkat kedua dalam daftar ini. Lumba-lumba hidung botol memiliki ukuran otak terbesar di antara jenis lumba-lumba lainnya.

Lumba-lumba jenis ini, selain mudah dilatih juga mampu mengenali diri mereka sendiri di cermin, memperhatikan tanda-tanda asing di tubuhnya dalam pantulan, mengenali gambar di televisi, dan memiliki ingatan yang mengesankan.

3. Simpanse

Simpanse menempati urutan ketiga sebagai hewan terpintar. Simpanse berbagi 98 persen DNA dengan manusia. simpanse juga mudah berimprovisasi dan jago dalam hal manipulasi.

4. Gajah

Gajah memiliki ingatan yang kuat dan panjang. Hal ini jugalah yang membuat gajah berada di posisi keempat sebagai hewan pintar.

5. Burung beo abu-abu Afrika

Burung beo abu-abu Afrika menempati posisi lima sebagai hewan pintar. Posisi ini juga menempatkan burung beo sebagai hewan teratas dari jenis unggas yang memiliki otak cemerlang.

Burung beo jenis ini bahkan diperkirakan memiliki kecerdasan yang sama dengan anak usia 5 tahun.

6. Gurita

Gurita juga termasuk dalam hewan cerdas. Kecerdasan ini ditandai dengan kemampuannya menyamar yang benar-benar tak terbantahkan. Selain itu, gurita juga bisa memecahkan teka-teki labirin hingga menggunakan dua bagian otaknya, yakni memori jangka panjang dan memori jangka pendek.

7. Babi

Babi beroperasi pada tingkat IQ yang jauh lebih tinggi dari anjing. Mereka mampu memahami konsep refleksi hanya pada usia enam minggu. Babi juga memiliki sekitar 20 suara berbeda yang mereka gunakan untuk berkomunikasi, dan induk babi bernyanyi untuk anaknya saat mereka sedang makan.

Babi menanggapi emosi dan bahkan menunjukkan empati pada saat yang tepat yang merupakan sifat yang sangat langka pada hewan.

8. Gagak

Gagak adalah spesies hewan yang cukup cerdas. Bahkan dia bisa menyampaikan dan mengirim pesan. Gagak juga bisa belajar bicara dan memiliki ingatan yang cukup baik.

9. Merpati

Sama seperti gagak, merpati juga jenis unggas cerdas yang bisa mengirim pesan. mereka juga memiliki kemampuan untuk mengenali dan sadar akan dirinya sendiri.

Bukan hanya itu, mereka juga memiliki kemampuan untuk mengenali orang dan tempat. Intinya merpati memiliki ingatan yang sangat baik hingga membuatnya tergolong dalam hewan cerdas.

10. Tikus

Tikus yang kerap dianggap hama ternyata masuk golongan hewan cerdas. Meskipun memiliki otak kecil, pikiran mereka justru berfungsi dengan cara yang mirip dengan manusia. bahkan struktur otak tikus disebut sangat mirip dengan manusia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews