Daftar Aplikasi Boros Baterai dan Cara Mengeceknya

Daftar Aplikasi Boros Baterai dan Cara Mengeceknya

Sejumlah aplikasi di perangkat Android membuat baterai lebih boros.

Jakarta - Sejumlah aplikasi di perangkat Android membuat baterai lebih boros. Ketahanan baterai menjadi hal penting bagi para pengguna. Pasalnya, ponsel hampir selalu harus aktif saat beraktivitas seperti bekerja dan bahkan berolahraga.

Namun, adakalanya sebuah aplikasi justru membuat baterai cepat habis. Dilansir dari zdnet, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hal tersebut.

Langkah pertama adalah membuka 'Setelan (Settings)" pada perangkat Android Anda. Kemudian, ketuk 'Baterai (Battery)' untuk membuka informasi terkait baterai perangkat.

Setelah masuk ke bagian 'Baterai', pilih "Penggunaan Baterai (Battery Usage)" untuk melihat berapa persen baterai tersisa dan penggunaannya oleh aplikasi yang terpasang.

Jika Anda melihat ada aplikasi yang cukup menguras baterai, Anda bisa menutup aplikasi tersebut secara paksa.

Caranya, ketuk aplikasi yang dimaksud lalu pilih 'Atur Penggunaan Baterai (Manage Battery Usage). Kemudian, pilih 'Hentikan Paksa (Force Stop)' untuk menghentikan aplikasi tersebut.

Jika tak ingin menghentikan, Anda bisa memilih 'Optimalisasi Penggunaan Baterai (Optimized Battery Usage)'. Memilih opsi tersebut akan membuat penggunaan baterai menjadi prioritas utama aplikasi yang terpasang.

Sementara itu melansir Android Authority, ada beberapa aplikasi yang menguras baterai Android Anda. Berikut daftarnya.

Facebook

Facebook dapat menguras baterai karena memiliki banyak fitur di dalamnya seperti Reels, Feed, Marketplace, Memories dll. Aplikasi ini juga aktif di latar (background) perangkat Anda.

Facebook Messenger

Facebook Messenger bisa menguras baterai karena memiliki fitur pesan suara, panggilan video, berbagi dokumen dll. Aplikasi ini merupakan ekstensi dari Facebook sehingga dapat memiliki fitur serupa yang menguras baterai.

Instagram

Biasanya, orang dapat bermain Instagram berjam-jam. Hal itulah yang membuat aplikasi ini menguras baterai lebih cepat daripada yang lain.

Snapchat

Snapchat bisa menguras baterai karena pada saat terpasang, aplikasi ini mencentang semua izin (permission) yang diberikan. Aplikasi ini juga memanfaatkan layanan lokasi perangkat.

Youtube

YouTube adalah salah satu penguras baterai paling signifikan. Sama seperti Instagram, hal itu lantaran pengguna biasanya menghabiskan waktu cukup lama untuk membuka aplikasi ini.

Tinder

Aplikasi kencan seperti Tinder dapat menguras baterai lantaran bergantung kepada layanan lokasi. Alhasil, Tinder teratur mengaktifkan layanan tersebut jika sedang digunakan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews