Arus Penumpang Lebaran 2023 di Bandara Hang Nadim Batam Melonjak

Arus Penumpang Lebaran 2023 di Bandara Hang Nadim Batam Melonjak

Arus penumpang di Bandara Hang Nadim selama lebaran 2023 meningkat tajam (liustrasi)

Batam, Batamnews - Bandara Internasional Hang Nadim di Batam melaporkan adanya kenaikan signifikan dalam jumlah penumpang dan penerbangan selama periode arus mudik dan balik Lebaran 2023. 

Menurut Khoufan Rizki Oktarian, Ketua Posko Terpadu Angkutan Lebaran, tidak ada kejadian yang mengganggu kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penumpang selama periode tersebut. 

Baca juga: Terjadi Lonjakan Puncak Arus Balik Lebaran di Bandara Hang Nadim Batam

Hal ini dapat dicapai berkat komunikasi dan koordinasi yang intens antara Bandara Hang Nadim, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan, dan semua pihak terkait.

Dalam laporan harian Posko Terpadu Angkutan Lebaran, jumlah penumpang yang melalui Bandara Hang Nadim selama periode 14 April hingga 2 Mei 2023 mencapai 263.391 orang, naik sebesar 10,2% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Baca juga: Pria di Batam Dituntut Penjara Seumur Hidup karena Membunuh Istri dengan Cara Sadis

Jumlah penerbangan juga mengalami kenaikan sebesar 23,8%, dengan 1.753 penerbangan termasuk 110 penerbangan tambahan atau extra flight, naik 24,2% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022.

Arus mudik lebaran tertinggi terjadi pada tanggal 19 April 2023 (H-3) dengan 15.317 penumpang, naik 18,2% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Baca juga: Pria di Batam Bunuh Diri Setelah Mengalami Permasalahan Rumah Tangga dan Kesulitan Dapat Pekerjaan

Sementara itu, arus balik lebaran tertinggi terjadi pada tanggal 29 April 2023 (H+7) dengan 16.515 penumpang, naik 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022.

PT Bandara Internasional Batam (BIB) merencanakan untuk menambah rute penerbangan internasional, termasuk rute Batam-Korea Selatan (PP), setelah rute Batam-Malaysia (PP) dan Batam-Madinah (PP). 

Baca juga: Turis Australia Ditahan di Aceh Setelah Berulah dalam Kondisi Mabuk

Khoufan berharap bahwa penambahan rute baru ini akan menarik minat investor untuk mengembangkan investasinya di Batam dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Riau. Selain itu, ini juga dapat membantu mempromosikan pariwisata di provinsi tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews