Proyeksi Lonjakan Penumpang pada Arus Balik Lebaran Idul Fitri di Bandara dan Pelabuhan Kota Batam

Proyeksi Lonjakan Penumpang pada Arus Balik Lebaran Idul Fitri di Bandara dan Pelabuhan Kota Batam

(Foto: BP Batam)

Batam - Prediksi mengenai peningkatan jumlah penumpang saat Arus balik Idul Fitri di bandara dan pelabuhan penumpang Kota Batam tahun ini diprediksi meningkat drastis dibandingkan tahun lalu.

Hal ini disebabkan oleh lonjakan jumlah penumpang di bandara dan pelabuhan Kota Batam pasca pandemi Covid-19 yang sudah mulai mereda.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, pada tahun 2022 lalu terdapat 5,45 juta penumpang yang menggunakan angkutan laut, naik drastis dibandingkan tahun 2021 yang hanya mencapai 1,84 juta orang. Sedangkan jumlah penumpang angkutan udara mencapai 3,46 juta pada tahun lalu, jauh lebih banyak dibandingkan tahun 2021 yang hanya mencapai 2,07 juta orang.

Dalam menghadapi lonjakan penumpang selama musim mudik dan arus balik nanti, Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, Dendi Gustinandar, bersama tim telah berupaya untuk memberikan pelayanan maksimal bagi seluruh penumpang, sejalan dengan arahan dari Kepala BP Batam, Muhammad Rudi.

"Untuk lonjakan penumpang pada tahun 2023, diperkirakan hampir sama kondisinya dengan tahun 2019 lalu," ujar Dendi, Rabu (26/4/2023).

Di tempat lain, Pikri Ilham Kurniansyah selaku Direktur PT Bandara Internasional Batam (BIB) memperkirakan bahwa jumlah penumpang yang akan menggunakan layanan bandara pada arus balik lebaran Idul Fitri nanti mencapai 15 ribu orang.

Pikri juga mengungkapkan bahwa jumlah tersebut dapat meningkat secara signifikan dari perkiraan awal.

"Kita melihat, puncak arus balik tak berbeda jauh dengan arus mudik kemarin. Kemungkinan besar, lonjakan terhadap puncak arus balik sekitar tanggal 30 April sampai 1 Mei," ujarnya.

Pikri menjelaskan bahwa pihak PT BIB telah merencanakan operasional untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas penerbangan selama arus balik Idul Fitri.

Keselamatan, keamanan, dan pelayanan kepada penumpang menjadi prioritas utama bagi PT BIB.

Selain itu, Pikri juga menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk menghadapi arus balik lebaran yang akan datang.

"Untuk sekarang, arus penumpang masih landai. Saya mengucapkan terima kasih pula kepada BP Batam, di bawah kepemimpinan Pak Muhammad Rudi bandara kita mengalami peningkatan," tambahnya.

Muhammad Rudi, selaku Kepala BP Batam, menyambut baik perkembangan lonjakan jumlah penumpang di Bandara Internasional Batam dan pelabuhan selama musim mudik lebaran Idul Fitri.

Rudi mengapresiasi peningkatan volume penumpang yang naik drastis dibandingkan dengan perayaan lebaran tahun lalu. Terutama untuk penumpang angkutan udara, di mana puncak tertinggi pergerakan penumpang terjadi pada tanggal 19 April 2023 lalu (H-3 Idul Fitri) dengan jumlah 15.317 orang atau meningkat sebesar 18,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Rudi, angka ini menjadi sinyal positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Batam yang mulai membaik setelah dilanda pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir.

"Semoga pencapaian ini bisa terus meningkat. Ekonomi harus bangkit, pembangunan harus selesai. Mari kita bergotong royong agar Kota Batam menjadi kota maju dan modern," ujar Rudi.

Muhammad Rudi berharap bahwa rencana strategis BP Batam dalam pengembangan Kota Batam dapat memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri di masa depan.

Rudi menambahkan, "Kami telah menyiapkan rencana pembangunan Kota Batam. Kami berharap masyarakat tetap solid dan bersatu untuk mendukung pembangunan agar ekonomi Batam dapat kembali tumbuh positif pada tahun ini


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews