Disdukcapil Batam Targetkan Rekam KTP 20 Ribu Pelajar untuk Pemilu Mendatang

Disdukcapil Batam Targetkan Rekam KTP 20 Ribu Pelajar untuk Pemilu Mendatang

Seorang pelajar sedang merekam e-KTP (Foto: Istimewa)

Batam, Batamnews - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Kepulauan Riau, akan melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi 20 ribu pelajar yang telah memasuki usia dewasa atau 17 tahun, dan menjadi pemilih pemula pada pemilu mendatang.

Kepala Disdukcapil Batam, Ashraf, mengatakan bahwa upaya jemput bola ke sekolah-sekolah akan dilakukan untuk menyukseskan perekaman KTP pelajar tersebut. Proses perekaman KTP akan berlangsung pada tahun ini dan tahun depan.

"Data yang kami terima tahun ini, ada sekitar 20 ribu pelajar yang memasuki usia 17 tahun," ujar Ashraf, Sabtu (29/4/2023).

Ashraf memastikan bahwa jumlah blanko milik Disdukcapil Batam sangat mencukupi untuk kebutuhan tersebut meski pelayanan KTP juga dibuka untuk masyarakat umum di kantornya. Jumlah blanko yang dimiliki masih mencapai 2000 lebih kurang, dan jika menipis, akan diambil lagi di Jakarta.

Disdukcapil Batam melayani 300-500 permintaan dari masyarakat setiap harinya, dan pengurusan yang paling dominan dilakukan masyarakat ialah KTP dan pindah datang.

"Pada umumnya merata seperti urusan KTP dan pindah datang. Kebanyakan pindah datang dan KTP," ucapnya.

Dengan adanya upaya perekaman KTP bagi pelajar, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam proses demokrasi pada pemilu mendatang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews