Sarapan Pagi di Batam: Pilihan Kuliner Khas yang Wajib Dicicipi

Sarapan Pagi di Batam: Pilihan Kuliner Khas yang Wajib Dicicipi

Jika ke Batam, jangan lupa sarapan pagi khas batam, diantaranya nasi lemak (ist)

Batam - Bagi yang pertama kali datang ke Batam, mungkin akan bingung mencari alternatif sarapan pagi yang beragam. Tapi jangan khawatir, karena di Batam terdapat banyak pilihan kuliner untuk sarapan yang patut dicoba. Namun, ada beberapa jenis makanan khas Batam yang wajib untuk dicicipi.

Baca juga: Timnas Indonesia Mengamuk, Kalahkan Filipina 3-0 dalam Laga Pertama SEA Games 2023

Berikut ini beberapa jenis sarapan yang patut dicoba di Batam:

Nasi Lemak: Hidangan nasi lemak adalah salah satu sarapan khas Malaysia yang banyak ditemukan di Batam. Nasi lemak terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan dan daun pandan, kemudian disajikan bersama dengan ikan teri, telur, kacang, dan sambal.

Mie Kepiting: Hidangan mie kepiting disajikan dengan daging kepiting yang dimasak dengan bumbu rempah dan saus tomat. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan sayuran segar seperti sawi dan daun bawang.

Baca juga: Maraknya Prostitusi Online MiChat di Hotel-hotel di Batam, Korban Ditipu hingga Diperas

Lontong Sayur: Lontong sayur di Batam bercita rasa Melayu dengan sayuran labu siap yang ditambahkan sambal di atasnya. Selain lontong Melayu, juga tersedia lontong khas Jawa dan Padang.

Mie Lendir: Mie yang ditambahkan dengan kuah kental dan disajikan hangat.

Mie Sagu: Mie yang diolah dari sagu, bentuknya kenyal. Disajikan dalam bentuk mie goreng dan ditambahkan irisan ikan.

Bakmi: Bakmi adalah hidangan mie yang disajikan dengan daging sapi atau ayam, sayuran segar seperti sawi dan daun bawang, serta kuah kaldu yang gurih. Beberapa tempat di Batam juga menyediakan bakmi dengan tambahan seafood seperti udang dan cumi. Selain bakmi, orang Batam juga suka menyantap mie Tarempa dan sup ikan.

Baca juga: Terjatuh dari Lift, Seorang Wanita Ditemukan Meninggal di Bandara Kualanamu Medan

Nasi Goreng: Nasi goreng kampung adalah salah satu jenis nasi goreng di Batam yang harus dicoba. Nasi goreng ini biasanya diolah dengan menaburkan ikan teri.

Roti Bakar: Roti bakar adalah roti tawar yang dibakar dan disajikan dengan selai kacang, mentega, dan keju. Setiap kedai kopi di Batam biasanya punya menu ini.

Otak-Otak: Otak-otak adalah cemilan yang berisi olahan ikan kemudian dibungkus dengan daun kelapa dan dibakar.

Baca juga: Celana Pendek Milik Vokalis Queen Freddie Mercury Terjual Rp 331 Juta

Prata: Prata dikenal sebagai makanan India, namun jenis makanan ini juga terkenal di Batam sebagai pilihan sarapan. Prata Batam berupa roti lembut dan tipis yang disajikan dengan kuah kari.

Untuk minuman, Teh Tarik di Batam sangat sedap, baik disantap dingin maupun hangat. Sedangkan Teh O atau Teh Hangat Batam sangat nikmat karena cita rasa tehnya cukup khas. Teh Obeng adalah minuman es teh yang wajib disantap di Batam, biasanya juga dipesan untuk sarapan.

Kopi juga merupakan minuman yang banyak diminati di Batam. Kopi khas Batam adalah kopi Liberika yang memiliki rasa yang khas dan berbeda dari jenis kopi lainnya. Anda bisa menemukan kedai kopi di hampir setiap sudut kota Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews