Kronologi Tenggelamnya Kapal Evelyn yang Tewaskan 11 Orang dan 9 Masih Hilang

Kronologi Tenggelamnya Kapal Evelyn yang Tewaskan 11 Orang dan 9 Masih Hilang

Sejumlah warga yang menggunakan kapal kayu menolong korban SB Evelyn yang tenggelam (Foto: Batamnews)

Riau, Batamnews - Pada Kamis, 27 April 2023, Kapal Cepat (Speed Boat) SB Evelyn Calisca tenggelam di perairan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Kapal yang membawa 78 penumpang, termasuk anak buah kapal (ABK) tersebut berangkat dari Tembilahan menuju Pelabuhan Guntung, Inhil, dan akan menuju Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

"Peristiwa tenggelamnya Kapal Evelyn bermula pada pukul 10.00 WIB, saat kapal berlayar sejauh 10,3 mil dari pelabuhan," ujar Kepala Basarnas Pekanbaru I Nyoman Sidakarya, Kamis malam tadi.

Kapal tersebut oleng dan terbalik, menyebabkan sejumlah penumpang bergelantungan di lambung kapal. Warga yang berada di sekitar lokasi dan melihat kejadian tersebut, berusaha menolong para penumpang kapal.

Tim SAR, Polri, dan TNI langsung dikerahkan ke lokasi untuk menyelamatkan korban. Sejumlah penumpang berhasil dievakuasi ke kapal yang ada di sekitar lokasi kejadian. Namun, terdapat 11 orang yang meninggal dunia, 9 penumpang masih dalam pencarian, dan 58 penumpang berhasil selamat.

Dari 78 penumpang yang ada di kapal, 60 penumpang membeli tiket, 6 orang adalah non-tiket, 6 ABK, dan 6 orang lainnya naik dari Pelabuhan Guntung. Jumlah pasti penumpang sempat simpang siur, awalnya dilaporkan sebanyak 63 orang, lalu berubah menjadi 67 orang, dan informasi terakhir dari agen kapal menyebutkan jumlah penumpang sebanyak 78 orang.

Penumpang yang berhasil selamat dibawa ke Pelabuhan Guntung. Sementara itu, kapal yang terbalik diangkat menggunakan crane. Tim gabungan dari SAR, Polri, dan TNI masih melakukan pencarian terhadap 9 penumpang yang masih hilang.

Insiden tenggelamnya Kapal SB Evelyn Calisca 01 menjadi sebuah tragedi yang menyedihkan. Kapal yang tenggelam mengakibatkan korban jiwa dan kerugian material yang besar. Semoga pihak berwenang dapat segera menemukan 9 penumpang yang masih hilang, dan keluarga korban yang meninggal dunia dapat diberikan ketabahan dan keikhlasan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews