Pasca Tenggelamnya SB Evelyn Calisca 01, Warga Batam Cemas Naik Speed Boat ke Tanjung Uban

Pasca Tenggelamnya SB Evelyn Calisca 01, Warga Batam Cemas Naik Speed Boat ke Tanjung Uban

Pelabuhan speed boat Telaga Punggur-Telaga Punggur di Batam (Foto: Dewi)

Batam, Batamnews - Warga Batam, Provinsi Kepulauan Riau, mengaku miris dengan kejadian tenggelamya kapal cepat (speed boat) SB Evelyn Calisca 01 di perairan Sungai Guntung, Kabupaten Tembilahan, Provinsi Riau, Kamis (27/4/2023) sekitar pukul 13.45 WIB.

Diduga speed boat kelebihan muatan. Data terakhir yang dirilis Basarnas Pekanbaru jumlah penumpang berdasarkan data agen kapal mencapai 78 orang.

Sedangkan kapal cepat itu mememiliki spesifikasi 16 GT. Namun para pengguna jasa transportasi laut di Batam mengungkapkan, speed boat dari Pelabuhan Telaga Punggur, Batam rute ke Tanjung Uban juga terbilang horor.

"Saya pernah merasakan, speed boatnya terbang, takut ke balik sama kapalnya," ujar seorang warga Batam yang menceritakan pengalamannya naik speed boat Batam-Tanjung Uban atau sebaliknya. 

Tidak saja kencang, namun acap kali penumpang melebihi kapasitas. Beberapa penumpang terkadang tidak dapa tempat duduk bahkan hingga melebihi ruang yang ada.

"Kalau speed boat ke Uban kita sudah tidak heran," ujar seorang warga Batam yang pernah merasakan naik speed tersebut.

Jarak tempuh dari Telaga Punggur ke Tanjung Uban memang cukup singkat sekitar 20 menit. Kebanyakan para penumpang juga tidak dipasangi life jacket untuk keselamatan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews