Wisata Religi Idul Fitri: Mengunjungi Masjid-Masjid Bersejarah di Batam Kepulauan Riau

Wisata Religi Idul Fitri: Mengunjungi Masjid-Masjid Bersejarah di Batam Kepulauan Riau

Masjid Baitusy Syakur Jodoh Batam yang juga salah satu masjid tertua di Batam (Foto: Batamnews)

Batam, Kepulauan Riau - Wisata religi dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah umat Islam menjadi salah satu pilihan menarik untuk dilakukan pada saat liburan Idul Fitri. Terdapat sejumlah masjid tertua di Batam yang menarik untuk dikunjungi, di antaranya Masjid Jami' Nurul Iman, Masjid Al Mardhotillah, Masjid Baitul Makmur, dan Masjid Raya Baitusy Syakur.

Masjid Jami' Nurul Iman merupakan masjid yang sudah berusia di atas seratus tahun. Rumah ibadah umat Islam yang berada di Pulau Buluh ini diperkirakan berdiri pada tahun 1872. Mesjid ini memiliki dua kubah, yang satu merupakan bangunan baru sementara satunya lagi mempertahankan bentuk aslinya yang sepintas mirip dengan Mesjid Sultan Riau Pulau Penyengat (1832 M).

Masjid Al Mardhotillah terletak di jalan Duyung, Bukit Abdullah Jodoh, Kecamatan Batu Ampar. Pembangunan masjid ini dilakukan paska berakhirnya berbagai penggusuran yang dilakukan di Bukit Abdullah, tahun 2002 dan diresmikan pada 18 Januari 1984 lalu. Warna putih dan kuning muda, ciri khas warna melayu menyelimuti seluruh bangunan masjid dan makam.

Masjid Baitul Makmur merupakan masjid tertua di Batam yang terletak di Jalan Prambanan, Kelurahan Seraya, Kecamatan Batu Ampar. Masjid ini berada pada ketinggian sekitar 400 meter dari permukaan Jalan Raya Batu Ampar. Masjid ini mampu menampung sekitar 2.000 jemaah dan memiliki luas lahan sekitar 1 hektar dengan luas bangunan sekitar 30 x 38 meter. Suasana asri dan rimbun masih terjaga di area sekitar masjid.

Masjid Raya Baitusy Syakur terletak di Sei Jodoh, tengah-tengah Kota Batam. Saat ini masjid ini diapit gedung-gedung tinggi seperti hotel, restoran, dan perkantoran. Menurut sejarah, sebelum didirikan pada lokasi sekarang di Sei Jodoh, masjid ini sudah ada tidak jauh dari lokasi saat ini dengan menggunakan bangunan kayu. Masjid ini juga memiliki 7 makan keramat yang terletak di dalam kawasan masjid.

Wisata religi dengan mengunjungi masjid-masjid bersejarah yang ada di Batam Kepulauan Riau dapat memberikan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan bagi para wisatawan. Selain menyaksikan sejarah dan arsitektur bangunan masjid, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam dan kesejukan di sekitar masjid.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews