Festival Lampu Colok dan Pawai Mobil Hias Semarakkan Malam Lebaran di Batam

Festival Lampu Colok dan Pawai Mobil Hias Semarakkan Malam Lebaran di Batam

Pawai takbir dan mobil hias di Batam menyambut Idulfitri beberpa waktu lalu. (Foto: dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Memeriahkan malam menyambut Idulfitri 1444 H/2023 Masehi, Pemerintah Kota Batam menggelar festival lampu colok. Di samping itu juga ada pawai takbir, mobil hias dan live music nuansa lebaran. 

"Rencana, pawai takbir dan Batam Lampu Colok Festival #1 akan digelar pada Jumat (21/4/2023) malam," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam, Rudi Panjaitan, Selasa (18/4/2023).

Pihaknya, mengajak semua lapisan masyarakat untuk ikut memeriahkan kegiatan menyambut Hari Lebaran tingkat Kota Batam tersebut.

Acara yang akan dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batam tersebut, dipusatkan di Dataran Engku Hamidah mulai pukul 19.30 WIB.

"Tentunya akan banyak event diselenggarakan mulai dari live musik nuansa Lebaran, mobil hias, dan sebagainya. Yang pasti, akan memeriahkan malam menyambut Idulfitri 1444 H," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam, Ardiwinata, mengungkapkan, khusus event Batam Lampu Colok Festival #1 merupakan upaya pemerintah melestarikan tradisi Melayu.

Ia menjelaskan, saat Hari Raya Idulfitri, ada budaya yang dilakukan umat muslim Melayu Kota Batam. Budaya itu di antaranya makan berhidang setelah melaksanakan salat Idulfitri.

Bahkan, sebelum itu, ada tradisi lain yakni 7 likur yang dilaksanakan di malam 27 Ramadan. Adapun rangkaian acara 7 likur ini yaitu memasang lampu colok yang bermakna ikut bergembira menyambut Hari Raya Idulfitri.

"Lampu colok ini dipasang jelang tiga hari Lebaran sampena malam Lailatul Qadar,” ujarnya.

Bahan membuat lampu colok yakni sumbu, minyak tanah, dan bekas kaleng minuman. "Adanya lampu colok ini mengingatkan kita merayakan Idulfitri di kampung halaman,” katanya.

Ardi mengajak masyarakat Kota Batam ikut melestarikan budaya Melayu sehingga tetap lestari hingga anak cucu nanti. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews