Tips Aman untuk Warga Batam Menyaksikan Gerhana Matahari Hibrid

Tips Aman untuk Warga Batam Menyaksikan Gerhana Matahari Hibrid

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Batam - Menjelang lebaran 2023 tepatnya pada 20 April masyarakat dapat menyaksikan fenomena alam gerhana matahari hibrid. Gerhana matahari hibrid dapat dilihat dengan aman, nyaman dan tak menyakiti mata.

Berikut cara melihat fenomena alam langka ini dengan aman dan nyaman.

Gerhana matahari dapat disaksikan dari bumi namun tak boleh dengan mata telanjang karena dapat menimbulkan berbagai gangguan pengelihatan.

Radiasi berdensitas tinggi dari fotosfer atau lingkaran cincin matahari dapat menyebabkan kerusakan retina d secara permanen yang mengakibatkan kebutaan.

Untuk menyaksikan gerhana matahari sangat disarankan memakai pelindung mata atau melalui alat sebagai perantara seperti teleskop atau kamera.

1. Pakai Teleskop

Selain untuk melihat bintang, lensa teleskop dapat digunakan untuk melihat gerhana matahari. Dengan beberapa trik, fenomena alam ini dapat dilihat dengan aman menggunakan teleskop.

Untuk melihat gerhana matahari dengan teleskop cukup memantulkan cahaya dari teleskop ke tembok, kertas atau whiteboard. Cara ini aman dan tetap nyaman di mata.

2. Menonton di media sosial

Saat terjadi gerhana matahari hibrida, kita cukup membuka media sosial maka dapat menemukan siaran fenoman alam akan mudah ditemukan. Cara cukum akan dan sangat terjangkau, bisa diakses siapa saja selama memiliki jaringan internet.

Siaran di media sosial memiliki kualitas gambar yang bagus sehingga sangat memanjakan mata. Cukup mencari kanal Youtube yang menyiarkan fenomena ini secara langsung.

3. Pakai Kacamata Anti Radiasi

Jika ingin menonton gerhana matahari secara langsung, dapat menggunakan kacamata anti radiasi yang melindungi mata dari paparan sinar matahari sehingga retina akan tetap aman.

Fenomena alam gerhana matahari hibrid ini juga bisa disaksikan di wilayah Kepulauan Riau. Namun demikian, cuaca terpantau mendung dan hujan sejak pagi termasuk di Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews