Lima KRI Diberangkatkan Lantamal IV Batam Bertugas pada Operasi Trisila 2023

Lima KRI Diberangkatkan Lantamal IV Batam Bertugas pada Operasi Trisila 2023

Foto: ist

Batam, Batamnews - Sebanyak lima KRI diberangkatkan untuk tugas Operasi Trisila 2023. Pelepasan kapal itu dilakukan langsung oleh Komandan Lantamal IV Batam, Kepulauan Riau, Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, dari Dermaga Batuampar, Minggu (16/4/2023).

 

Sebelumnya, Satgas Operasi Trisila ini telah dilepas dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Selasa (11/4/2023) lalu secara bersamaan.

Kapal yang dimaksud ialah KRI Teluk Calang-524, KRI Tjiptadi-381, KRI Kerambit-627, KRI Barakuda-633 dan KRI Kurau-856, dan didukung dua pesawat udara TNI AL, satu Kompi Marinir dilengkapi tank BMP 3 F sebanyak tiga unit dan tank BTR 50 PM sebanyak lima unit.

Sebelumnya pada Jumat lalu (14/4) Operasi Trisila Koarmada RI bersama dengan Lantamal IV Batam melaksanakan karya bakti dan bakti sosial di wilayah Nongsa, Batam, berupa perbaikan fasilitas umum dan sosial, bantuan kemanusiaan dan penyuluhan kesehatan di Kampung Bakau Serip, yang merupakan binaan Lantamal IV.

"Operasi Trisila merupakan operasi TNI AL yang dilaksanakan oleh Koarmada RI bersama Korps Marinir dengan tujuan untuk menunjukkan eksistensi Koarmada RI. Operasi ini dilaksanakan menyeluruh di semua wilayah perairan yurisdiksi nasional," kata Ikhwan.

Lebih jauh dijelaskannya, bahwa tujuan dilaksanakan Operasi Trisila itu untuk menegakan hukum dan keamanan di wilayah perairan dan wilayah yurisdiksi Indonesia dari segala bentuk pelanggaran hukum.

"Serta sebagai upaya menunjukkan eksistensi bangsa Indonesia kepada dunia internasional dalam menjamin keamanan dan melindungi kepentingan nasional di laut," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews