Persiapan Pelayaran Diplomasi dan Budaya sebagai Satgas KJK 2023

KRI Bima Suci Sandar di Batam: Open Ship untuk Masyarakat Umum

 KRI Bima Suci Sandar di Batam: Open Ship untuk Masyarakat Umum

KRI Bima Suci sandar di Batam dan terbuka untuk masyarakat umum (Foto: Dispenal)

Batam, Kepulauan Riau - KRI Bima Suci, kapal latih tiang tinggi dari Angkatan Laut Indonesia, telah tiba di Batam pada Kamis, 6 April 2023. Kapal ini menjadi bagian dari Satuan Tugas (Satgas) Kartika Jala Krida (KJK) 2023 dan melaksanakan pelayarannya dari Surabaya–Batam–Sri Lanka–Oman–Arab Saudi–Mesir–Algeria–Prancis–Belanda–Inggris–Norwegia–Skotlandia–Jerman–Spanyol–Tunisia–Mesir–Arab Saudi–India–Belawan dan kembali ke Surabaya dengan menempuh jarak 25.869 mil laut.

Dalam pelayarannya, KRI Bima Suci memiliki tiga misi utama, yaitu diplomasi, mengenalkan budaya bangsa Indonesia, dan sebagai kapal layar latih Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk mempraktikkan pelajaran yang telah diterima taruna selama di akademi.

“KRI Bima Suci memiliki tiga misi utama dalam pelayarannya, yakni diplomasi hingga mengenalkan budaya bangsa Indonesia," kata Komandan KRI Bima Suci sekaligus Komandan Satgas KJK 2023 Letkol Laut (P) M Sati Lubis dikutip dari keterangan Dispenal, Sabtu (8/4).

Kapal ini membawa 125 personel yang terdiri dari 90 personel KRI, enam personel pendukung, 10 taruna AAL tingkat IV, 10 taruna ASEAN Cadet Sail, dan sembilan personel staf latihan.

 "Dan juga sebagai kapal layar latih Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk mempraktikkan pelajaran yang telah diterima taruna selama di akademi."

Komandan KRI Bima Suci sekaligus Komandan Satgas KJK 2023, Letkol Laut (P) M Sati Lubis, mengatakan bahwa kapal ini akan melaksanakan bekal ulang di Batam sebelum melanjutkan pelayarannya menuju Sri Lanka pada Senin, 10 April 2023. Selama berada di Batam, KRI Bima Suci juga akan membuka kesempatan untuk open ship bagi masyarakat umum dari 6 hingga 9 April 2023.

Kedatangan KRI Bima Suci di Batam menjadi momen penting bagi warga setempat, karena Batam menjadi kota pertama yang disinggahi oleh kapal ini dalam pelayarannya kali ini. Hal ini menunjukkan pentingnya peran Batam sebagai salah satu kota strategis di Indonesia, terutama dalam hubungan internasional.

KRI Bima Suci sendiri merupakan salah satu kapal latih tiang tinggi terbesar di dunia yang dimiliki oleh Angkatan Laut Indonesia. Kapal ini memiliki panjang 111 meter dan lebar 13,8 meter dengan daya jelajah mencapai 10.000 mil laut. Selain itu, kapal ini juga memiliki 34 tiang layar dengan tinggi mencapai 50 meter dan kapasitas muatan mencapai 1.728 meter kubik.


 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews