Kerjasama Pemko Batam dan Asosiasi Distributor Berhasil Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok

Kerjasama Pemko Batam dan Asosiasi Distributor Berhasil Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok

Jefridin saat memimpin Rapat Koordinasi stabilisasi harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok pada bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri di Kota Batam, di Lantai 4, Kantor Wali Kota Batam, Kamis (13/4/2023).

Batam - Berkat kolaborasi antara Pemerintah Kota Batam bersama Asosiasi Distributor Kota Batam yang sangat baik, kebutuhan pokok masyarakat Batam dapat tertangani dengan baik, salah satunya melalui operasi pasar murah.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) sekaligus Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin saat memimpin Rapat Koordinasi stabilisasi harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok pada bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri di Kota Batam, di Lantai 4, Kantor Wali Kota Batam, Kamis (13/4/2023).

"Ini semua terwujud berkat koordinasi dan kerjasama yang baik antara Pemko Batam melalui Disperindag dan Asosiasi Distributor. Kemudian dari sisi kebutuhan pokok, stok dan harga aman seiring digelarnya operasi pasar murah. Mudah-mudahan terus stabil terutama stok terpenuhi dan terjangkau, masyarakat beli insyallah inflasi kita juga terkendali," ujarnya.

Baca juga: Pawai Takbiran dan Lomba Mobil Hias, Pemko Batam Siapkan Hadiah Total Rp36 Juta

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam juga terus berkoordinasi dengan berbagai stakeholder guna mengatasi masalah kebutuhan bahan pokok di Kota Batam. Dalam rapat tersebut, telah dilaporkan bahwa stok Gas LPG selama bulan puasa hingga Lebaran aman, baik bagi daerah mainland maupun hinterland, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir tentang kelangkaan gas seperti yang terjadi sebelumnya.

"Untuk Gas LPG dilaporkan Kadis Perindag, Gustian Riau bahwa stok selama puasa hingga lebaran nanti aman, baik bagi daerah mainland hingga hinterland, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir kelangkaan seperti kemarin terjadi lagi," sebutnya.

Pemko Batam juga mengapresiasi dan berterima kasih atas kolaborasi yang baik antara Asosiasi Distributor Kota Batam dengan pemerintah, yang telah berhasil menurunkan tingkat inflasi di Kota Batam menjadi minus.

"Saya atas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada para distributor atas koordinasi dan kerjasama yang luar biasa, dalam rangka menangani kebutuhan pokok masyarakat Batam," ucap Jefridin.

Baca juga: Pemko Batam Batalkan Open House Idulfitri di Kediaman Wali Kota dan Wakil Wali Kota

Selanjutnya, Pemerintah Kota Batam bersama Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) akan menggelar sidak pasar dan gudang pada tanggal 17 hingga 18 April 2023.

"Nanti insyaallah Pak Wali akan memimpin langsung jalannya sidak," tambah Jefridin.

Sementara itu, Kadisperindag Kota Batam Gustian Riau menekankan kepada para distributor untuk tidak menimbun kebutuhan pokok selama Ramadan hingga Idul Fitri nanti.

“Apabila ditemukan menimbun atau menaikkan harga, akan diberikan sanksi sesuai ketentuan, sehingga kami mohon dan berharap untuk memastikan dan melaporkan kesediaan stok,” katanya.

Ketua Asosiasi Distributor Kota Batam, Ariyanto menyampaikan, selama libur panjang dari tanggal 19 sampai 25 April 2023, para distributor diharapkan untuk dapat memperbanyak stok dan menstabilkan harga agar tidak terlalu tinggi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews