Pawai Takbiran dan Lomba Mobil Hias, Pemko Batam Siapkan Hadiah Total Rp36 Juta

Pawai Takbiran dan Lomba Mobil Hias, Pemko Batam Siapkan Hadiah Total Rp36 Juta

Pawai takbir dan mobil hias di Batam menyambut Idulfitri beberpa waktu lalu. (Foto: dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Pawai Takbir Idulfitri tingkat Kota Batam 1444 H/2023 M digelar Jumat (21/4/2023). Pawai Takbir akan dipusatkan di Dataran Engku Hamidah pada pukul 19.30 WIB. 

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin mengungkapkan kegiatan pawai takbir digelar seperti tahun sebelumnya menyambut hari raya Idulfitri. 

"Selain Pawai Takbir juga akan ada lomba kendaraan hias. Untuk itu kepada tiap OPD agar dapat memberikan dukungan untuk kelancaran acara,” ujar Jefridin, Selasa (11/4/2023).

Untuk teknis acaranya, Asisten Pemerintah fan Kesra Kota Batam, Yusfa Hendri menjelaskan bahwa pawai takbir akan diikuti seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), instansi vertikal dan organisasi lainnya. 

Sedangkan mengenai lomba mobil hias, Yusfa menyebutkan Pemko Batam menyiapkan total hadiah sebesar Rp 36 juta. Bagi peserta yang ingin mengikuti perlombaan tersebut, dapat mendaftar ke Baguan Kesra Setdako Batam. 

“Batas akhir pendaftaran lomba mobil hias yakni pada Selasa (18/04/2023) ke Bagian Kesra Setdako Batam,” ujar Yusfa. 

Baca: Pawai Takbir Idul Adha di Batam Malam Ini, Simak Rutenya

Adapun syarat untuk mengikuti lomba mobil hias, di antaranya yaitu: pertama menggunakan mobil pick up maksimal roda enam. Kedua, tinggi mobil hias maksimal 4 meter, dan tinggi dari permukaan aspal 50 sentimeter. Ketiga, peserta pawai antara 7 sampai 10 orang. Keempat, peserta dapat menampilkan logo dan slogan. 

Lalu Kelima, dimensi hiasan atau dekorasi menyesuaikan dengan jenis kendaraan. Keenam, kontruksi hiasan atau dekorasi dirancang sedemikian rupa dan tetap mempertimbangkan pergerakan dan manuver kendaraan dalam rangka keselamatan berlalu lintas (pandangan pengemudi dan penerangan).

“Untuk kriteria penilaian pawai takbir, lafadz dan suara, dekorasi kendaraan sesuai dengan tema Idulfitri, kerapian dan keserasian, jumlah peserta dan kekompakkan dan ketertiban dalam berlalu lintas,” sebut Yusfa.

Untuk kendaraan hias maupun kendaraan pendukung yang akan ikut serta dalam pawai takbir sudah dapat berkumpul di Dataran Engku Hamidah pada pukul 14.00 WIB.

Baca: Pawai Takbir Keliling Kembali Digelar di Batam, Ini Rutenya

Pawai akan dimulai dari Dataran Engku Hamidah melewati rute Simpang Rosedale lalu Simpang Frengky, kemudian menuju Simpang Kabil serta Simpang Panbil dan berakhir di Bundaran Tembesi.

 “Bagi peserta pendukung kami imbau agar lebih mengutamakan keselamatan berkenderaan terutama yang menggunakan lori terbuka yang diisi oleh anak-anak. Pawai Takbir ini diperuntukkan kendaraan roda empat saja,” ucapnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews