Ground Breaking Pembangunan Dermaga Bakamla dihadiri Gubernur Ansar dan Kepala Bakamla RI

Ground Breaking Pembangunan Dermaga Bakamla dihadiri Gubernur Ansar dan Kepala Bakamla RI

Batam, Batamnews - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad bersama dengan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, Laksdya TNI Aan Kurnia, telah memulai pembangunan Dermaga Bakamla RI di Pangkalan Setokok dengan ground breaking untuk pekerjaan pemasangan tiang pancang. 

Acara ground breaking ditandai dengan penekanan sirine oleh Kepala Bakamla RI dan Gubernur Ansar beserta tamu undangan lainnya, di Dermaga Bakamla RI Pangkalan Setokok, Kota Batam pada hari Kamis (13/4).

Gubernur Ansar mengatakan dalam sambutannya bahwa sebagai sebuah provinsi kepulauan yang berbatasan langsung dengan negara luar dan berada di jalur Selat Malaka, sangat tepat jika wilayah Kepri memiliki pangkalan Bakamla RI. 
"Kepri perlu memastikan keamanan kedaulatan maritim dan menjaga perairan Kepulauan Riau dari berbagai bentuk ancaman dan pelanggaran," ujarnya.

Gubernur Ansar juga menekankan pentingnya kolaborasi antar sektor, termasuk antara Bakamla, TNI, dan Polri, dalam menjaga kedaulatan maritim dan wilayah perairan Kepulauan Riau. Bakamla memiliki peran penting sebagai coast guard Indonesia, yang membantu menjaga keamanan laut Indonesia, termasuk Kepri.

Gubernur Ansar menambahkan bahwa kerjasama yang makin intens perlu dilakukan untuk mengatasi berbagai usaha yang mengganggu kedaulatan negara, dan juga untuk menjaga ekonomi berbasis maritim dan kelautan yang sangat potensial di Kepri, agar dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengucapkan selamat ulang tahun ke-59 kepada Gubernur Kepri Ansar Ahmad, yang telah membawa Kepri menjadi lebih baik saat ini.

Pria kelahiran Dabo Singkep, Lingga, dengan tegas menyatakan bahwa "Beliau juga buka orang asing bagi kita, karena memang beliau adalah Warga Kehormatan Bakamla RI".

Menurut Laksdya Aan Kurnia, pembangunan Pangkalan Setokok Bakamla RI dilakukan untuk mendukung patroli guna penegakan hukum dan menjaga keamanan serta keselamatan perairan laut Indonesia. 

Selain itu, pembangunan Bakamla RI di Pangkalan Setokok ini juga sebagai dukungan untuk beroperasinya Bakamla RI pada tahun 2024 di Kepulauan Riau guna menjaga keamanan dan keselamatan laut demi masa depan bangsa.

Kepala Bakamla RI juga berkomitmen untuk menegakkan supremasi hukum di laut sesuai tugas dan tanggung jawabnya dengan terus meningkatkan koordinasi dengan berbagai lintas sektor yang ada. 

Koordinasi ini akan sangat dikedepankan terkait penegakan keamanan di laut agar tidak terjadi tumpang tindih dengan tugas dan tanggung jawab lintas sektor lainnya.

Setelah dilakukan Ground Breaking, Kepala Bakamla RI Laksdya Aan Kurnia dan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad beserta tamu lainnya menerima bibit pohon buah secara simbolis. Bibit pohon tersebut akan ditanam guna penghijauan Dermaga Bakamla RI.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews