Jelang Lebaran, BI Kepri Minta Warga Waspada Peredaran Uang Palsu

Jelang Lebaran, BI Kepri Minta Warga Waspada Peredaran Uang Palsu

Layanan kas keliling Bank Indonesia melayani penukaran uang baru di Batam lalu. (Foto: BI Kepri untuk Batamnews)

Batam, Batamnews - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengimbau masyarakat waspada terhadap peredaran uang palsu jelang hari raya Lebaran.

BI meminta warga untuk menukarkan uang pecahan untuk persiapan Lebaran di tempat penukaran uang resmi agar terhindar dari uang palsu. 

Peredaran upal dapat dilakukan dari mana saja, mulai dari transaksi jual beli hingga proses penukaran dari mata uang asing ke rupiah maupun penukaran pecahan rupiah yang kerap dilakukan terutama pada bulan Ramadan menjelang Idulfitri. 

"Bank Indonesia mengimbau masyarakat untuk melakukan penukaran uang di tempat-tempat penukaran resmi," ujar Kepala BI Perwakilan Kepri, Suryono, Rabu (12/4/2023). 

Tempat-tempat penukaran uang itu  berada di seluruh unit/cabang perbankan, Kas Keliling Bank Indonesia, serta pada Layanan Penukaran Uang Bersama Bank Indonesia dan Perbankan. Penukaran tersebut sebaiknya dilakukan secara mandiri atau langsung tanpa menggunakan calo.

Baca: Syarat Tukar Uang Baru di Kepri untuk Lebaran 2023, Maksimal Rp 3,8 Juta

Selain itu, masyarakat juga harus mempelajari dan mengenali ciri rupiah yang dapat diakses melalui https://pintar.bi.go.id.  

"Dilihat, diraba dan diterawang apabila masih ada keraguan silahkan ditolak, atau bersama dilakukan klarifikasi ke Bank Indonesia," katanya. 

Dengan demikian, masyarakat dapat terhindar dari risiko peredaran uang palsu, maupun ketidakakuratan jumlah uang yang ditukarkan. 

Selama periode Ramadan dan Idulfitri 2023, masyarakat dapat mengakses layanan pemenuhan kebutuhan uang kartal atau pecahan sampai dengan tanggal 20 April 2023 juga melalui 155 titik layanan loket. 

Sejauh ini, uang pecahan baru yang telah beredar mencapai Rp 797 miliar. Bank Indonesia Provonsi Kepri menyiapkan Rp 1,9 triliun untuk kegiatan penukaran uang tersebut. 

“Saat ini masih tersedia sekitar Rp 1,1 triliun, sehingga masyarakat masih berkesempatan untuk melakukan penukaran uang,” katanya.

Baca: Lokasi Kas Keliling BI di Batam untuk Tukar Uang Baru, Rabu 12 April 2023

Adapun 155 titik layanan loket perbankan diseluruh wilayah Kepri setiap hari jam kerja. Termasuk juga kas keliling yang berada di pelabuhan dan bandara, khusus untuk kas keliling hanya beroperasi mulai pukul 08:00-12:00 WIB.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews