Cen Sui Lan Kawal Pembangunan Rumah Pengganti untuk Korban Longsor di Natuna

Cen Sui Lan Kawal Pembangunan Rumah Pengganti untuk Korban Longsor di Natuna

Cen Sui Lan (kemeja batik), anggota Komisi V DPR RI turun blusukan bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (paling depan) di lokasi bencana longsor di Serasan, Natuna, awal Maret 2023. (foto dok Cen Sui Lan)

Batam - Anggota DPR RI dapil Kepulauan Riau, Cen Sui Lan, terus mengawal kebijakan rumah pengganti korban longsor di Serasan, Kabupaten Natuna. 

Selain berkoordinasi dengan Dirjen Perumahan, ia juga telah turun ke Cianjur meninjau hunian serupa bakal dibangun di Serasan nantinya.

Seperti Serasan, korban gempa bumi di Cianjur beberapa waktu lalu juga direlokasi dan mendapatkan rumah pengganti. Cen Sui Lan pekan lalu, turun ke Cianjur melihat langsung kondisi lokasi relokasi dan model bangunan dengan desain tahan gempa tadi. Seperti di Cianjur, nantinya rumah pengganti juga tinggal huni, alias full furniture. 

“Saya terus menerima laporan progres pembangunan rumah korban longsor Serasan dari Pak Iwan Suprijanto, Dirjen Perumahan,” ungkap Cen Sui Lan, anggota Fraksi Golkar DPR dari Kepri, Selasa (28/3/2023).

Baca: Rumah Korban Longsor Serasan Natuna Bakal Dibangun Ulang, Target Selesai Akhir Tahun

Menurutnya, Ditjen Perumahan bertanggung jawab mengurus rumah pengganti di Serasan. Hunian tetap, alias Huntap berkosep RISHA, tadi akan diberikan kepada 150 kepala keluarga korban longsor di Serasan, awal Maret lalu. 

Pemkab Natuna akan menyediakan lahan relokasi seluas 11 hektare dengan dua hektare menjadi calon lokasi relokasi nantinya.

Selain cepat pendiriannya, karena bersifat bongkar pasar, rumah pengganti korban longsor di Serasan juga ramah lingkungan. Kementerian PUPR mengklaim hunian juga dikembangkan menjadi hunian dua lantai. 

Cen Sui Lan usai turun melihat kondisi longsor di Serasan bersama dengan Menteri PUPR dan Menko PMK mengatakan hunian nanti dikirim dari Palembang, Sumatera.

Seperti diketahui, Senin (6/3/2023) menyusul hujan lebat bencana longsor menerjang Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan. Puluhan warga meninggal dunia, satu kampung tertimbun longsor dan puluhan rumah terkubur longsoran.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews