Program Kolaborasi Narasi dan YouTube Pelopori Gagasan Baru dan Inovasi untuk 18 Media Lokal

Program Kolaborasi Narasi dan YouTube Pelopori Gagasan Baru dan Inovasi untuk 18 Media Lokal

Seluruh peserta pada acara penutupan bersama Narasi dan YouTube di Dia.Lo.Gue, Kemang (Foto: Narasi)

Program “Accelerator for Independent Journalists and Digital-First Newsrooms” yang diselenggarakan oleh Narasi dan didukung oleh YouTube telah rampung setelah dilaksanakan selama empat bulan. Di Indonesia, program ini telah sukses membina 18 media lokal untuk mengembangkan platform berita mereka di YouTube. 

Dari sabang hingga merauke, 18 media yang berhasil mengikuti program adalah Batam News, Jubi TV, Harapan Rakyat, Rilis.ID TV, Suara Surabaya, TadaTodays TV, Liputan Sumbar, Wartabromo - Pasuruan Hari Ini, Bengkulu Ekspress, Magdalene ID, Trust Televisi, Gatra TV, Pantura Post, Bagelen Channel, Sulsel Satu, Aceh Video TV, Kabar Makassar dan Riau Online.

Najwa Shihab, Founder, Narasi menyampaikan, “Kami sangat bangga bisa turut andil dalam penyelenggaraan program akselerator ini bersama YouTube. Program ini tidak hanya membantu media lokal untuk bertransformasi ke digital, namun juga menyediakan ruang bagi mereka untuk mengeksplorasi kreativitas, mengembangkan keahlian, dan mendorong penyajian berita dan konten berkualitas untuk masyarakat.”

Selama November 2022 hingga Maret 2023, seluruh peserta terpilih mendapatkan pelatihan dan arahan dari para ahli dalam rangkaian workshop dan sesi mentoring virtual untuk membangun jurnalisme berkualitas dan mengembangkan audiens di YouTube.

Tim Narasi (kiri) duduk bersama dengan peserta di salah satu sesi “brainstorming”

“Terima kasih untuk tim Narasi dan YouTube sudah memilih Aceh Video TV bergabung di program ini. Dampak nyata dari program ini terlihat jelas dari performa perkembangan analytic YouTube kami. Bisa bertemu secara offline dengan media lain, membuat kami semakin yakin untuk bisa terus berkolaborasi,” kata Hendra Saputra, Aceh Video TV.

Materi yang disampaikan selama program tidak hanya meliputi tips dan trik penggunaan fitur untuk optimasi kanal YouTube, tantangan disrupsi dan konversi di industri media saat ini juga menjadi pembahasan penting yang disampaikan. Ditambah lagi, setiap peserta juga mendapatkan sesi praktik one-on-one dengan pakar video digital yang akan mengajarkan keterampilan praktik terbaik YouTube, kewirausahaan, pengembangan model bisnis. Peserta juga dibimbing untuk memanfaatkan platform eksternal untuk meningkatkan trafik, mengukur keberhasilan kampanye konten, hingga memecahkan masalah (troubleshooting) secara mandiri.

“Program ini sangat membantu, khususnya kami media lokal, kami berkesempatan untuk tahu lebih banyak bagaimana memanfaatkan dan memaksimalkan fitur YouTube,” ungkap Yuliana Lantipo, Jubi TV. “Kami juga dipertemukan dengan mentor yang sudah tidak perlu diragukan lagi perjalanannya di industri media, kami belajar banyak dari pengalamannya untuk kami terapkan juga di media kami.”

Guna mendukung pengembangan dan operasional media, setiap partisipan juga mendapatkan dukungan pendanaan. Dana tersebut dapat mereka manfaatkan untuk investasi dalam pengembangan konten, peralatan, perekrutan anggota tim, hingga mendaftarkan kantor media dari CV ke PT sesuai peraturan yang ada.

Seluruh peserta pada acara penutupan bersama Narasi dan YouTube di Dia.Lo.Gue, Kemang

“Di YouTube, kami berkomitmen untuk mendukung ekosistem berita digital yang terus berkembang, serta memacu penerbit untuk terus berinovasi dan beradaptasi. Melalui program ini, kami berharap dapat terus mendorong kapasitas dan kualitas jurnalisme media di Indonesia yang berkelanjutan,” tutup Isabella Wibowo, News Partnerships Manager, YouTube. 

YouTube telah dan akan terus bekerja sama dengan berbagai organisasi berita Indonesia untuk mengakselerasi kemampuan digital mereka melalui banyak program lainnya, seperti Sustainability Lab for Digital-first Newsrooms, Creator Program for Independent Journalists dan YouTube Innovation Funding.

 


 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews