Pererat Silaturahmi, Polindes Kote di Lingga Gelar Buka Puasa Bersama

Pererat Silaturahmi, Polindes Kote di Lingga Gelar Buka Puasa Bersama

Polindes Kote menggelar buka puasa dan salat maghrib berjamaah bersama warga setempat. (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Keberadaan petugas kesehatan di Polindes Kote, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), tidak hanya sebagai penyedia pelayanan kesehatan. Tapi, polindes yang memiliki jargon "Sakti" ini selalu berada di tengah masyarakat dalam menjaga silaturahmi antara petugas dan warga.

Petugas kesehatan Polindes Kote, Murniati mengatakan, sebagai upaya menjalin silaturahmi bersama warga, pihaknya terus mempertahankan tradisi yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2018, yaitu buka puasa bersama di hari pertama bersama, serta salat maghrib berjamaah bersama masyarakat desa setempat di halaman Polindes Kote, Rabu (23/3/2023).

"Alhamdulilah, di tahun 2023 ini kita masih dipertemukan dengan bulan Suci Ramadan sehingga dapat menggelar buka puasa bersama dilanjutkan dengan salat maghrib berjamaah bersama masyarakat Desa Kote di Polindes Kote Sakti," ujar Bidan Murniati.

Baca juga: Jadwal Buka Puasa di Kabupaten Lingga, Jumat 24 Maret 2023

Kegiatan buka puasa bersama dengan masyarakat Desa Kote bertujuan untuk menambah keakraban dan mempererat tali silaturahmi, baik diantara Polindes Kote Sakti dengan masyarakat, dan sesama masyarakat Desa Kote sendiri.

"Sesuai dengan visi dan misi Polindes Kote Sakti yaitu terkoneksinya pelayanan kesehatan dengan hubungan masyarakat, jadi selain melaksanakan tugas keseharian sebagai tenaga kesehatan, kita harus menciptakan hubungan yang baik dengan masyarakat agar ke depan timbul hubungan seperti saudara, jika sudah seperti saudara tentunya akan dapat berkomunikasi lebih baik," jelasnya.

Pada saat berbuka puasa, semuanya bersatu, berkumpul dan bercengkerama satu dengan yang lain dan bersama-sama menunaikan salat maghrib berjamaah. Sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW bahwa makan bersama-sama banyak berkahnya yang meliputi rasa kebersamaan dan menjadi silaturahmi.

Baca juga: Pesan Bupati Nizar saat Tarawih Perdana Ramadan 2023

Sahabat Nabi Muhammad SAW pernah menyebut kalau Rasululllah SAW tidak pernah makan sendirian. Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda bahwa sebaik-baiknya makanan adalah yang dimakan dengan banyak tangan.

Ada kebersamaan, rasa syukur, silaturahmi, dan interaksi atau komunikasi langsung antar-manusia. Meski dianjurkan Nabi Muhammad SAW, “Makanlah kalian bersama-sama dan bacalah basmalah, maka Allah SWT akan memberikan berkah kepada kalian semua,” (HR Abu Dawud).

"Semoga Allah SWT memberikan kekuatan, kesehatan, dan kesempatan untuk dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadan yang akan datang. Amin Ya Robbal 'Alamin," pungkas Murniati.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews