Indonesia Jalin Kerja Sama dengan Jepang soal Liga

Indonesia Jalin Kerja Sama dengan Jepang soal Liga

Ketum PSSI, Erick Thohir, mengungkap kerja sama dengan Jepang terkati Liga Indonesia. (Foto: dok.Istimewa)

Batam - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan pihaknya menjalani kerja sama dengan Jepang terkait manajemen, perwasitan, dan sistem liga.

Kepastian itu disampaikan Erick sepulang dari Kongres FIFA di Rwanda pada Kamis (16/3) lalu. Erick didampingi sejumlah jajarannya banyak bertemu para pimpinan federasi sepakbola dari sejumlah negara. Salah satunya Jepang.

Erick mengatakan Indonesia sudah menandatangi kerja sama dengan Jepang yang kaitannya dengan kompetisi liga.

Baca juga: PSSI Pastikan Timnas Indonesia Lawan Burundi di FIFA Matchday 25 dan 28 Maret

"Kerja sama seperti apa? Itu bisa manajemen, perwasitan, dan sistem, serta hal lainnya. Lalu Jepang juga mau bekerja sama untuk pembangunan sepakbola putri," kata Erick saat ditemui di sela acara sarasehan sepakbola Asprov PSSI, di Hotel Le Meridien, pada Minggu (19/3/2023).

Tak hanya Jepang, Erick yang juga Menteri BUMN juga berencana menjalin kerja sama dengan negara lain seperti Saudi Arabia, Inggris, dan Argentina. Namun, saat ini baru sebatas diskusi.

"Kami banyak diskusi, tapi sepertinya yang sudah ada formulanya Jepang, Australia, dan AFC. Yang lainnya masih diskusi dasar," tuturnya.

Baca juga: Sat Set Erick Thohir Usai Jadi Ketum PSSI

"Kalau dengan AFC, kami menyinergikan agenda. Kami ingin agenda sepakbola dunia ada FIFA Match Day, kalender AFC, AFF, kapan istirahatnya pemain, dan kapan bisa siapkan Timnas."

"Nah, salah satu pertemuan dengan AFC nanti adalah memaparkan agenda kami, dan hasil dari sarasehan akan kami laporkan. Ini kami koonfirmasi ke AFC," ujar Erick.

"Lalu dengan Australia, kita juga melihat ini kan negara tetangga yang sudah masuk zona Asia, AFF, di bola basket juga begitu. Artinya apa? Dengan kelasnya dia cukup tinggi, tentu kita ingin melihat apa yang namanya teknologi olahraga, karena sport science itu," lanjutnya.

"Bapak Zainudin (Amali) juga sering mengingatkan salah satu yang terbaik itu di Australia, nah kita juga ingin belajar sport science," dia mempertegas.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews