Sering Merasa Lelah dan Mudah Ngantuk di Siang Hari? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Sering Merasa Lelah dan Mudah Ngantuk di Siang Hari? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Sering Merasa Lelah dan Mudah Ngantuk di Siang Hari? Bisa Jadi Ini Penyebabnya (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Ketika bangun di pagi hari, tak jarang tubuh menjadi terasa lelah dan mengantuk sepanjang harinya. Bahkan, ada pula yang tetap mengantuk meskipun tidak bangun pagi. Ternyata, ada penjelasan di balik kondisi seperti ini.

 

Salah satu alasan mengapa kita sering mengantuk adalah karena makanan yang masuk ke dalam tubuh. Mengonsumsi lemak dan kalori yang tinggi dapat memperlambat proses pencernaan. Hal ini diungkap oleh dr Reinita Arlin, host sekaligus Putri Pariwisata Indonesia & Miss Tourism Asia 2012, Kamis (16/3/2023).

"Biar kita nggak ngantuk, balik lagi kita makannya apa. Kalau tinggi kalori, tinggi lemak pasti akan lebih bikin ngantuk karena mereka susah dicerna. Kalau ada makanan yg susah dicerna pasti pembuluh darah atau oksigenasi itu fokusnya ke saluran cerna. That's why abis makan kita suka ngerasa ngantuk. Nah makanya, biar nggak cepet ngantuk itu aturlah pola makannya jam olahraga jadi tubuh kita terbiasa," ungkapnya.

Selain itu, rasa kantuk juga bisa timbul karena kualitas tidur yang kurang.

"Jadi balik lagi kalau ngerasa 'kok kayaknya cepet ngantuk ya', ya kalau emang ngantuk coba cek kualitas tidurnya, jangan-jangan memang kurang. Kalau memang kurang tidur maka cukupkan tidurnya," bebernya.

Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapat kualitas tidur yang baik, yaitu:

- Tidur dengan cahaya redup

- Suhu jangan terlalu dingin atau panas

- Jangan membawa perangkat cahaya biru (handphone) ke dalam kamar

- Jangan makan sebelum tidur. Tidak dianjurkan untuk makan 2 jam sebelum tidur


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews