6 Cara Efektif Menghilangkan Sakit Tenggorokan di Pagi Hari

6 Cara Efektif Menghilangkan Sakit Tenggorokan di Pagi Hari

Ilustrasi (Foto: Alodokter)

Batam - Sakit tenggorokan di pagi hari bisa menjadi pengganggu keseharian. Terkadang, rasa sakit tersebut dapat memperburuk kualitas tidur dan membuat seseorang merasa tidak segar saat bangun tidur.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan di pagi hari.

1. Minum air hangat dengan lemon

Air hangat dengan tambahan perasan lemon dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi peradangan pada tenggorokan.

2. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu membersihkan bakteri dan kuman pada tenggorokan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat. Berkumur selama 30 detik, lalu keluarkan airnya.

3. Hindari merokok atau paparan asap

Merokok atau terpapar asap dapat memperburuk kondisi tenggorokan yang sakit. Hindari merokok dan berusaha untuk tidak terpapar asap rokok atau asap kendaraan saat berada di jalan.

4. Istirahat yang cukup

Kurangnya istirahat dapat membuat tubuh menjadi lelah dan daya tahan tubuh menurun, yang pada akhirnya dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Pastikan untuk tidur cukup dan mengatur waktu tidur secara teratur.

5. Minum banyak air

Mengonsumsi cukup air setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mempercepat pemulihan tenggorokan yang sakit. Jadi, pastikan untuk minum air putih yang cukup setiap hari.

6. Makan makanan yang sehat dan bergizi

Makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Makanan seperti buah-buahan dan sayuran segar, ikan, dan daging tanpa lemak dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan membantu mempercepat pemulihan tenggorokan yang sakit.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan di pagi hari. Jika kondisi sakit tenggorokan tidak membaik setelah melakukan beberapa cara di atas, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews