KRI Bantu Bank Indonesia Distribusikan Uang ke Wilayah Pulau Terpencil di Kepri

KRI Bantu Bank Indonesia Distribusikan Uang ke Wilayah Pulau Terpencil di Kepri

Foto: ist

Batam - TNI Angkatan Laut bersama Bank Indonesia wilayah Kepulauan Riau melakukan pendistribusian uang senilai Rp 12 miliar ke wilayah terpencil di Indonesia. 

Operasi ini dilakukan dengan dukungan dari KRI Pattimura 371 unsur Koarmada I, yang akan mengunjungi lima pulau di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil) yaitu Tarempa, Midai dan Subi Besar, Tambelan Besar, serta Singkep.

Kegiatan ini merupakan simbol hadirnya negara di daerah perbatasan dan menunjukkan bahwa kedaulatan dan kesejahteraan tidak dapat dipisahkan. 

Sehingga, TNI Angkatan Laut terus membuka diri untuk bersinergi dengan berbagai lembaga yang memiliki rasa tanggung jawab untuk memperkuat kecukupan uang di wilayah tujuan.

Masyarakat di kelima pulau tersebut dapat langsung menukarkan uang lusuh yang dimiliki dengan uang layak edar, termasuk uang tahun emisi terbaru. 

Bank Indonesia juga menerapkan metode penukaran wholesale kepada retailer, instansi pemerintah/swasta, dan perbankan untuk memperkuat kecukupan uang di wilayah tujuan.

Operasi ini sendiri sudah berjalan sejak 2011 dengan mengusung tema “Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023” dan periode tahun ini ekspedisi dimulai sejak tanggal 4 sampai dengan 10 Maret 2023. 

Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat di wilayah terpencil dan memperkuat keberadaan negara di daerah perbatasan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews