Perhatian, Usia di Bawah 18 Tahun Hanya Bisa Pakai TikTok 1 Jam Per Hari

Perhatian, Usia di Bawah 18 Tahun Hanya Bisa Pakai TikTok 1 Jam Per Hari

TikTok buat fitur screen time limit kepada penggunanya yang berusia di bawah 18 tahun (Foto: UNSPLASH)

Jakarta - TikTok membuat aturan baru terkait penggunaan aplikasinya oleh remaja dan keluarga. Salah satu aturan itu adalah pengguna yang berusia di bawah 18 tahun hanya boleh memakai TikTok selama satu jam perhari.

Menariknya, untuk pengguna yang berusia di atas 18 tahun pun secara otomatis akan dibatasi selama satu jam. Namun pengguna bisa mematikan atau mengganti batas waktunya sesuka mereka.

Terkait hal tersebut, TikTok juga menambahkan fitur manajemen waktu yang tujuannya untuk membatasi screen time pengguna. Misalnya, pengguna yang mematikan batasan waktu 60 menit dan sudah membuka TikTok selama lebih dari 100 menit akan diberi pengingat.

Lalu untuk orang tua yang anaknya bermain TikTok pun bisa mengontrol akun anaknya itu, yaitu dengan menambahkan password dan bisa menambah screen time akun anaknya selama 30 menit.

Dalam menerapkan aturan ini TikTok mengaku berkonsultasi dengan peneliti dan ahli dari Digital Wellness Lab dari Boston Children's Hospital, yang kemudian diputuskan pada batasan waktu 60 menit tersebut, demikian dikutip dari GSM Arena, Sabtu (4/3/2023).

Para pengasuh pun bisa menggunakan fitur Family Pairing untuk mengkustomisasi screen time harian, termasuk mengatur waktu yang berbeda untuk hari tertentu. Fitur ini bisa diakses di dashboard screen time, yang menampilkan informasi detail terkait penggunaan aplikasi, seperti berapa kali aplikasi dibuka dan durasi penggunaannya.

Orang tua juga bisa mengatur batasan lebih banyak serta mematikan notifikasi untuk akun TikTok anaknya. Untuk saat ini, anak di bawah 15 tahun akan secara otomatis tak mendapat notifikasi setelah pukul 9 malam, sementara yang usianya di antara 16 dan 17 tahun notifikasinya dimatikan pada pukul 10 malam.

Screen time ini adalah masalah serius untuk banyak pengguna HP dan berbagai layanan serta aplikasi di dalamnya. Untuk itulah, TikTok mengaku menghadirkan fitur baru ini ke dalam aplikasinya, yang akan mengingatkan penggunanya untuk berhenti bermain TikTok dan tidur malam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews