Terungkap, Sepatu Bekas Sumbangan untuk Trek Lari di Singapura Ditemukan di Pasar Batam

Terungkap, Sepatu Bekas Sumbangan untuk Trek Lari di Singapura Ditemukan di Pasar Batam

Reporter Reuters Joe Brock menunjukkan sepatu kets ini di sebuah toko di Batam, pada 8 Desember 2022. Padahal sebelumnya disumbangkan untuk di daur ulang. (Foto: REUTERS/Yuddy Budiman)

Batam - Raksasa petrokimia AS, Dow Inc dan pemerintah Singapura, memperkenalkan program mendaur ulang sepatu bekas menjadi bahan spons untuk membangun taman bermain dan lintasan lari.

Namun investigasi Reuters atas program itu, menemukan bahwa 11 sepatu yang mereka sumbangkan tidak didaur ulang seperti dijanjikan, tapi malah dijual ke Indonesia. Untuk melacak keberadaannya, sebuah chip dipasang di dalam sol sepatu.

Dalam berita yang dirilis Sabtu (25/2/2023), Reuters menemukan salah satu dari 11 sepatu itu berada di sebuah pasar kumuh di Batam. Reporter yang menggunakan pelacak, menemukan sepasang sepatu lari Nike warna biru dengan alat pelacak tersembunyi di salah satu solnya.

Sepatu itu tidak seharusnya ada di sini. Lima bulan sebelumnya, pada Juli 2022, Reuters memberikan sepatu tersebut ke program daur ulang yang dipelopori oleh pemerintah Singapura dan Dow.

Seharusnya, sepatu itu digiling menjadi bahan untuk membangun taman bermain baru dan lintasan lari di Singapura. Dow, produsen utama bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastik dan bahan sintetis lainnya, di masa lalu telah meluncurkan upaya daur ulang yang tidak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Reuters ingin mengikuti sepatu yang disumbangkan dari awal sampai akhir untuk melihat apakah itu benar-benar berakhir di lintasan atletik baru di Singapura, atau setidaknya sampai ke fasilitas daur ulang lokal untuk dihancurkan.

Organisasi berita ini memotong rongga dangkal di sol bagian dalam salah satu Nike biru, menempatkan pelacak Bluetooth di dalamnya, lalu menyembunyikan perangkat dengan menutupinya dengan sol dalam.

Pelacak itu disinkronkan ke aplikasi smartphone yang menunjukkan ke mana sepatu itu bergerak secara real time. Dalam beberapa minggu, Nike biru telah meninggalkan negara kota yang makmur itu dan bergerak ke selatan melalui laut melintasi Selat Singapura yang sempit ke Batam, aplikasi itu menunjukkan.

Tak satu pun dari 11 pasang alas kaki yang disumbangkan oleh Reuters diubah menjadi jalur olahraga atau taman anak-anak di Singapura.

Sebaliknya, hampir semua sepatu yang diberi tag berakhir di tangan Yok Impex Pte Ltd, eksportir barang bekas Singapura. Manajer logistik eksportir tersebut mengatakan, perusahaannya disewa oleh pengelola limbah yang terlibat dalam program daur ulang untuk mengambil sepatu dari tempat sumbangan dan dikirim ke gudang lokal perusahaan tersebut.

Tapi bukan itu yang terjadi pada sepatu yang disumbangkan oleh Reuters. Sepuluh pasang bergerak dari kotak donasi ke fasilitas eksportir, kemudian ke negara tetangga Indonesia, dalam beberapa kasus menempuh perjalanan ratusan km ke berbagai penjuru nusantara.

Selain mendarat di Batam, sepatu lainnya ada di Jakarta. Dalam tiga kasus lainnya pelacak berhenti mengirimkan sinyal setelah mencapai Indonesia.

Sepatu ke-11 tetap di Singapura, tetapi nasib sepasang Reebok putih, berakhir di proyek perumahan umum sekitar 1,6 kilometer dari pusat olahraga komunitas tempat Reuters menyerahkannya ke tempat sumbangan pada 8 September.

Pelacaknya masih berkedip dari lokasi itu , menurut aplikasi, indikasi bahwa mereka mungkin telah diambil dari tempat sumbangan. Reuters mengunjungi proyek perumahan tersebut tetapi tidak dapat menemukan lokasi yang tepat dari sepatu tersebut.

Disajikan dengan temuan Reuters, Dow mengatakan pada 18 Januari bahwa mereka telah membuka penyelidikan bersama dengan Sport Singapore, sebuah badan negara, dan sponsor lain dari program tersebut: 

Pada 22 Februari 2023, Dow mengatakan bahwa penyelidikan telah selesai dan, sebagai hasilnya, Yok Impex akan dikeluarkan dari proyek tersebut, efektif 1 Maret 2023. Mereka tidak menjelaskan mengapa eksportir pakaian bekas terlibat dalam mengambil alas kaki dari tempat sumbangan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews