Makin Longgar, Masuk ke Singapura Tak Perlu Tunjukkan Hasil Tes Covid-19 Mulai 13 Februari

Makin Longgar, Masuk ke Singapura Tak Perlu Tunjukkan Hasil Tes Covid-19 Mulai 13 Februari

Pelabuhan Harbourfront Singapura. (Foto: Visit Singapore)

Singapura - Pemerintah Singapura akan menghapus semua tindakan pengendalian perbatasan terkait Covid-19 mulai Senin (13/2/2013) setelah negara itu menurunkan tingkat kewaspadaan ke level terendah.

Kementerian Kesehatan Singapura (MOH), Kamis (9/2/2023) menyampaikan kebijakan ini diambil setelah situasi pandemi pulih secara global.

Selain itu, dampak kasus impor terhadap kapasitas perawatan kesehatan Singapura juga menurun.

Singapura juga akan mencabut hampir semua peraturan Covid-19, seperti mewajibkan penggunaan masker di angkutan umum.

Baca: Mau Kerja di Singapura? Nih Pekerjaan yang Paling Laris Manis

Setelah peraturan kontrol perbatasan dicabut, semua pengunjung, termasuk yang belum divaksinasi, tidak perlu menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 sebelum memasuki Singapura. Pengunjung yang tidak divaksinasi juga tidak perlu membeli asuransi Covid-19.

Namun, Singapura siap untuk menegakkan kembali pembatasan di bawah Kerangka Rute Perjalanan Penumpang yang Divaksinasi (VTL) jika ada "perkembangan yang mengkhawatirkan secara internasional,". 

"Ini termasuk munculnya varian baru yang berbahaya atau tanda bahwa sistem perawatan kesehatan Singapura terlalu terbebani oleh kasus impor," kata MOH dilansir Channel News Asia.

Baca: Singapura Optimistis Sektor Pariwisata Pulih Pada 2024

Pengunjung juga akan terus disaring untuk penyakit menular seperti Demam Kuning, Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS) dan Ebola. Semua pengunjung, termasuk warga negara Singapura, tetap diwajibkan untuk menyerahkan deklarasi kesehatan melalui e-service SG Arrival Card saat memasuki Singapura.

Pengunjung juga harus memeriksa situs web Immigration and Checkpoints Authority (ICA) untuk informasi terbaru tentang tindakan pengendalian perbatasan sebelum memasuki Singapura, tambah MOH.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews