Jangan Langsung Buka HP saat Bangun Tidur, Ketahui Bahayanya Bagi Kesehatan

Jangan Langsung Buka HP saat Bangun Tidur, Ketahui Bahayanya Bagi Kesehatan

Ilustrasi (Foto: fimela)

Batam - Banyak orang yang memiliki kebiasaan buruk memeriksa ponselnya segera setelah bangun tidur . Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas Stanford menemukan bahwa terlalu banyak waktu yang dilindungi di depan layar ponsel dapat mengganggu pola tidur dan mengurangi kualitas tidur seseorang.

Hal ini disebabkan oleh paparan sinar biru yang dipancarkan oleh layar ponsel, yang dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun tubuh.

Dr. Michael Breus, seorang ahli tidur dan penulis buku "Good Night: The Sleep Doctor's 4-Week Program to Better Sleep and Better Health", mengatakan bahwa kebiasaan memeriksa ponsel segera setelah bangun tidur dapat membuat seseorang merasa lebih lelah dan kurang bertenaga sepanjang hari.

"Ketika kita terbangun, otak kita seharusnya dalam keadaan istirahat dan santai. Namun, jika kita langsung membuka ponsel dan memeriksa email, media sosial, atau berita, otak kita akan mulai terstimulasi dan sulit untuk kembali ke keadaan rileks," jelas Dr. Breus.

Lebih lanjut, kebiasaan ini juga dapat berdampak pada kesehatan mental seseorang. Banyak orang yang merasa cemas atau tertekan ketika melihat berita atau pesan yang tidak menyenangkan di ponsel mereka, yang dapat mengganggu suasana hati dan produktivitas sepanjang hari.

Jadi, apa yang bisa dilakukan untuk menghindari kebiasaan buruk ini? Breus merekomendasikan untuk memberi waktu sekitar 30 menit setelah bangun tidur untuk merilekskan otak sebelum membuka ponsel. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan sehat ringan, olahraga ringan, atau membaca buku.

Jadi, jangan biarkan ponsel Anda mengganggu kualitas tidur dan kesehatan Anda. Berikan diri Anda waktu untuk merilekskan otak sebelum membuka ponsel, dan jangan biarkan layar ponsel mengambil alih hidup Anda.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews