8 Cara Alami Meredakan Sakit Tenggorokan, Tak Perlu Minum Obat

8 Cara Alami Meredakan Sakit Tenggorokan, Tak Perlu Minum Obat

Ilustrasi (Foto: Alodokter)

Jakarta - Tenggorokan yang sakit tentu akan terasa menyebalkan. Menelan saja rasanya sulit. Tapi tak perlu khawatir. Ada beberapa cara alami meredakan sakit tenggorokan yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Sakit tenggorokan sendiri mengacu pada rasa nyeri, gatal, dan iritasi. Rasa sakit biasanya bertambah parah saat Anda mencoba menelan makanan atau minuman.

Sebenarnya, beberapa obat kimia dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Namun, terlalu banyak obat kimia juga tak baik untuk tubuh.

Maka dari itu, alih-alih mengonsumsi obat yang dibeli dari apotek, Anda bisa menyembuhkan sakit tenggorokan dengan beberapa obat alami.

Cara alami meredakan sakit tenggorokan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari kumur-kumur hingga mengonsumsi ramuan herbal tertentu. Berikut beberapa cara alami meredakan sakit tenggorokan, mengutip berbagai sumber.

1. Minum air hangat

Cobalah minum teh hangat saat Anda sakit tenggorokan. Sensasi hangat yang diberikan akan memberikan sedikit kelegaan pada tenggorokan.

"Cairan membantu membersihkan selaput lendir, menjaga aliran dan mencegah infeksi sinus," ujar dokter Daniel Allan, mengutip laman Cleveland Clinic.

Suhu hangat sendiri, lanjut Allan, dapat mengurangi batuk dan menenangkan bagian belakang tenggorokan.

 

2. Kumur-kumur air garam

Larutkan 1/2 sdt garam dalam segelas air hangat. Campur dan coba berkumur dengan larutan tersebut. Lakukan setiap tiga jam sekali untuk obat alami sakit tenggorokan.

Air garam disebut dapat membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi pada tenggorokan.

3. Mandi air panas

Cobalah mandi dengan air panas saat tenggorokan terasa sakit. Hirup uap yang keluar dari air panas tersebut. Allan mengatakan bahwa uap dapat melonggarkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan.

4. Minum madu

Madu adalah obat tradisional untuk sakit tenggorokan. Mengutip Medical News Today, sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa konsumsi 1 sdm madu dua kali sehari dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Madu disebut memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antioksidan yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan mempercepat pemulihan.

Namun, madu tidak disarankan diberikan pada bayi di bawah usia 1 tahun.

5. Gunakan humidifier

Udara yang terlalu kering jadi salah satu penyebab sakit tenggorokan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan humidifier.

Humidifier mengubah air menjadi uap dan melepaskannya ke udara. Cara ini dapat meningkatkan kelembapan udara di sebuah ruangan. Dalam beberapa kasus, cara ini dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan.

 

6. Teh chamomile

Teh chamomile telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, termasuk di antaranya dalam meredakan sakit tenggorokan. Manfaat ini didapat berkat senyawa anti-inflamasi, antioksidan, dan astringen yang ada di dalamnya.

Mengutip Healthline, sebuah tinjauan literatur menemukan bahwa menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk di antaranya sakit tenggorokan.

Minum teh chamomile juga menawarkan manfaat yang sama. Teh chamomile dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

7. Teh peppermint

Peppermint dikenal akan kemampuannya dalam melegakan napas. Selain itu, peppermint juga mengandung senyawa mentol yang membantu mengencerkan lendir dan menenangkan sakit tenggorokan.

Selain dikonsumsi dalam bentuk teh, Anda juga bisa membuat semprotan minyak peppermint. Campurkan beberapa tetes minyak peppermint food grade dengan 30 mililiter minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak almond, dan minyak kelapa.

8. Bawang putih

Bawang putih mengandung alicin atau senyawa yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi.

Sebuah ulasan mencatat, konsumsi bawang putih dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi saluran pernapasan atas yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih sebagai salah satu cara alami meredakan sakit tenggorokan. Namun, jangan lupa menyikat gigi setelahnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews